Pakai Lipstik Warna Ungu, Chen 'EXO' Dituding Rasis

Hestianingsih - wolipop Senin, 16 Apr 2018 18:04 WIB
Foto: EXO-CBX Foto: EXO-CBX

Seoul - Personel EXO, Chen, jadi kontroversi akibat video yang belum lama ini diposting di media sosial. Penyanyi 25 tahun ini dituding rasis oleh netizen setelah pakai lipstik.

Chen bersama Baekhyun dan Xiumin menyapa para penggemarnya secara live broadcast lewat V Live. Saat live, Baekhyun iseng memoleskan lipstik warna ungu gelap di bibir Chen.

Lipstik yang dipoles secara asal dan melebihi garis bibir itu membuat penampilan Chen terlihat lucu. Tidak ada masalah dari video lucu-lucuan tersebut, sampai Chen melontarkan komentar bernada rasis.

"Bukannya ini (seperti) Kunta Kinte ya?" ucap Chen.
Pakai Lipstik Warna Ungu, Chen 'EXO' Dituding RasisFoto: Shin Sun Hye (W Korea).

Kunta Kinte seharusnya tidak menjadi bahan candaan karena termasuk isu yang cukup sensitif. Kunta Kinte merupakan karakter utama dari serial 'Roots' yang tayang di Amerika Serikat pada 1977.

Kunta Kinte digambarkan sebagai seorang budak berkulit hitam yang dibawa dari kampung halamannya dan dipaksa bekerja di Amerika. Pertama kali tayang, mini seri itu menjadi hit dalam budaya pop. Sosok Kunta Kinte pun menjadi simbol kekuatan bagi orang-orang kulit hitam.





Mengejek atau bercanda tentang seseorang yang bibirnya tebal dan hitam dengan Kunta Kinte dianggap sebagai penghinaan terhadap orang kulit hitam. Tak hanya itu saja, tapi juga merusak karakter simbolis dari sebuah budaya secara penuh.

Chen juga menyebut dirinya jadi mirip Michol, karakter dari kartun 'Dooly The Little Dinosaur' yang rilis pada 1983. Michol jadi kontroversi kala itu karena dianggap menjelekkan orang kulit hitam. Netizen menyerang Chen karena dianggap tidak sensitif dengan isu rasisme.
Pakai Lipstik Warna Ungu, Chen 'EXO' Dituding RasisKarakter Kunta Kinte (depan) di serial Roots. Foto: istimewa

Namun kubu pro Chen meragukan apakah dirinya benar-benar mengucap kata 'Kunta Kinte'. Sebab, tekd terjemahan dalam bahasa Inggris hanya menulis kalau yang dikatakan Chen hanyalah, 'Bibirku jadi terlihat terlalu tebal!'

Tapi netizen lainnya bersikeras kalau perkataan Chen memang mengacu ke sosok 'Kunta Kinte'. Dikutip dari Koreaboo, pada subtitle berbahasa Korea Selatan, mengklaim kalau yang disebut Chen memang 'Kunta Kinte'.

Kontroversi makin panas ketika muncul ajakan untuk tidak lagi menjadi fans Chen dan meninggalkan fandom-nya.

"IF YOU'RE STILL ON JONGDAE'S SIDE AFTER HE SAID KUNTA KINTE BLOCK AND UNFOLLOW ME RACIST MOFOS," tulis netizen di Twitter.

Sementara netizen lain yang pro dengan Chen menulis, "The fans who are leaving Jongdae and EXO because of this issue, go on. It's your decision. It's just disappointing that as fans you should know and understand him the most. What he said is not right but to drop the people you "loved" just like that?#PremiosMTVMiaw #MTVBRKPOPEXO"

Bagaimana menurut kamu? Apakah Chen benar bertindak rasis atau hanya karena salah dengar akibat audio yang kurang jelas?
(hst/hst)