Cerita Wanita yang Tak Menyerah Ikut Kontes Kecantikan Meski Dibully Gemuk

Anggi Mayasari - wolipop Rabu, 14 Mar 2018 13:44 WIB
Foto: Facebook Foto: Facebook

Jakarta - Untuk ikut kontes kecantikan di Filipina persyaratannya sangat sederhana. Mereka harus berusia antara 17 dan 26 tahun, lajang, dan harus memiliki karakter moral yang baik serta kepribadian yang menyenangkan. Dan seorang wanita bernama Rosantonette Mendoza yang masuk dalam persyaratan itu, mengikuti kontes kecantikan.

Namun sayangnya, Rosantonette diejek dan dibully secara online ketika ia mengikuti kontes kecantikan. Banyak netizen yang menyebutnya gemuk, beberapa bahkan mengatakan bahwa ia terlihat terlalu tua untuk kontes tersebut. Meskipun ia telah ikut kontes kecantikan sejak masih muda, komentar publik tentang penampilan fisiknya itu pun hampir membuatnya patah semangat.

"Saya telah ikut kontes kecantikan sejak berusia 15 tahun pada 2007. Kontes kecantikan membuat saya merasa nyaman dengan diri sendiri. Ini menjadi ajang ekspresi diri dan pemberdayaan perempuan. Saya bisa terhubung dengan orang lain dan menginspirasi mereka dengan pengalaman hidup saya," cerita Rosantonette seperti dilansir Rappler.

Rosantonette Mendoza Rosantonette Mendoza Foto: Facebook

Baca Juga : Wajah dan Tubuh Dipenuhi Tahi Lalat, Gadis Ini Ikut Kontes Kecantikan

"Pada 2013, saya melanjutkan impian menjadi ratu kecantikan saya dan mengikuti kontes provinsi. Lalu terjadilah mimpi terburuk saya. Saya dikritik di media sosial karena terlalu gemuk untuk menjadi ratu kecantikan. Harus saya akui itu hampir menghancurkanku," tambahnya.

Dibully dan diejek karena penampilan fisiknya, Rosantonette pun berhenti ikut bergabung dengan kontes kecantikan. Ia pun merasa bahagia dengan pekerjaan dan bisnisnya.

"Saya berhenti menargetkan untuk meraih mahkota itu. Saya melanjutkan hidup saya, mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan ritel dan bahkan memulai bisnis sendiri," ungkap Rosantonette.
Transformasi Rosantonette MendozaTransformasi Rosantonette Mendoza Foto: Facebook

Memiliki pekerjaan dan bisnis sendiri, serta mengonsumsi banyak makanan, membuat berat badan Rosantonette semakin bertambah. Ia mengonsumsi makanan apapun yang ia inginkan, sampai dirinya menyadari bahwa menjadi gemuk itu terlalu tidak sehat. Rosantonette tidak hanya terlihat lebih tua, tubuhnya juga tidak pernah berolahraga.

"Berat tubuh saya hampir 90 kg. Saya mudah lelah, tingkat gula saya tinggi, sulit bernafas, dan saya sangat tidak sehat," katanya.

Baca Juga : Terlalu Cantik, Pria Menyamar Jadi Wanita Lolos ke Final Kontes Kecantikan

Rosantonette pun mulai mempertahankan diet seimbang sambil berolahraga. Setelah berhasil menurunkan berat badannya, ia memutuskan untuk mengikuti Binibining Pilipinas 2018, yakni kontes kecantikan nasional di Filipina yang memilih perwakilan Filipina untuk bersaing dalam dua kontes kecantikan seperti Miss Universe dan Miss International.
Rosantonette MendozaRosantonette Mendoza Foto: Facebook

"Dan sekarang, hanya beberapa hari lagi sampai malam penobatan (18/3/2018). Saya telah belajar bahwa ada baiknya untuk memiliki mimpi. Tapi lebih baik punya gol. Bekerja keras dan melakukan apapun yang Anda bisa untuk mencapainya! Terima kasih Binibining Pilipinas, karena telah memberi saya kesempatan ini untuk menginspirasi orang lain dengan transformasi saya," terang Rosantonette

Banyak netizen kini memuji Rosantonette karena tekadnya yang tak menyerah. Beberapa orang juga terinspirasi untuk mengubah gaya hidup mereka yang tidak sehat dengan harapan bisa mencapai hasil yang sama dengan Rosantonette.
(agm/agm)