Duh! Remaja ABG Curi Uang Rp 1,3 M dari Ortu demi Beli Hadiah untuk Idola

Alisa Kintan - wolipop Jumat, 12 Jan 2018 13:39 WIB
Ilustrasi. Foto: Rachman Haryanto Ilustrasi. Foto: Rachman Haryanto

Jakarta - Seorang ibu di China jadi 'korban' pencurian yang dilakukan anak perempuannya sendiri. Xiao Ya, remaja berkebangsaan China, telah menghabiskan uang sebesar USD 100 ribu atau sekitar Rp 1,3 miliar tanpa sepengetahuan orang tuanya.

Uang itu ia gunakan untuk memberikan hadiah kepada salah satu online streamers yang dikenalnya melalui aplikasi live streaming, Inke. Xiao Ya mendapatkan uang tersebut dari tabungan sekolahnya dan juga rekening bank sang ibu.

Xiao Ya yang sedang bersekolah di Kanada menghabiskan uang tersebut dengan membeli hadiah digital dalam aplikasi tersebut seperti bunga atau pulau yang kisaran harganya mulai dari USD 0.02 atau sekitar Rp 267 hingga 510 USD atau Rp 6,8 jutaan.

Diakui Xiao Ya, semua hadiah itu ia beli untuk menunjukkan rasa sukanya kepada salah satu pengguna aplikasi yang selalu live streaming setiap hari. Ia memakai nomor ID dan akun bank ibunya untuk membayar hadiah-hadiah tanpa sepengetahuan siapapun.

Sang ibu telah mengajukan gugatan agar semua uang yang dipakai putrinya pada September 2017. Sayangnya, gugatannya tidak disetujui dan kini ibu Xiao Ya mengajukan banding.

Ibu Xiao Ya mengaku sangat terkejut karena uangnya habis untuk hal-hal yang tidak penting. Tapi reaksi sang anak sungguh di luar dugaan.

"Anakku tidak merasa bersalah malah ia berbalik mengatakan: 'Memangnya kenapa? semua orang melakukannya; bahkan ayah teman-teman sekelasku menyenanginya'," kata ibu Xiao Ya, Liu, seperti dikutip dari Koreaboo.

Pihak dari aplikasi Inke mengatakan akan membuat sistem yang baru untuk mengawasi dan melindungi para pengguna di bawah umur. Namun, dalam kasus Xiao Ya, pihak Inke tidak dapat memverifikasi apakah benar Xiao Ya yang melakukan semua pembelian itu.

Hal ini karena semua pembelian didaftarkan atas nama ibunya. Inke juga tidak dapat melacak bukti pembelian karena pembayaran dilakukan di luar negeri.
(hst/hst)