Natalie Portman Sampai Emma Stone Serukan Perlawanan Pada Pelecehan Seks

Eny Kartikawati - wolipop Selasa, 02 Jan 2018 16:08 WIB
Foto: Emma Stone (Kevin Winter/Getty Images) Foto: Emma Stone (Kevin Winter/Getty Images)

Jakarta - Sebuah gerakan yang menyerukan perlawanan pada pelecehan seks di industri film dan tempat bekerja lainnya baru saja diumumkan oleh sederet aktris dunia.

Lebih dari 300 aktris, penulis dan sutradara baru saja merilis kampanye yang menyerukan perlawanan pada pelecehan seks di industri film dan tempat bekerja lainnya. Kampanye mereka dinamai Time's Up.

Melalui sebuah surat terbuka yang dimuat di halaman muka koran New York Times dan koran berbahasa Spanyol, La Opinion, para pekerja di industri film tersebut, menyuarakan aspirasi mereka mengenai pelecehan seks yang kerap dialami saat bekerja. Gerakan ini muncul setelah kasus pelecehan seks yang dilakukan produser Harvey Weinstein pada sejumlah aktris ternama.

Natalie Portman Sampai Emma Stone Serukan Perlawanan Pada Pelecehan SeksFoto: Dok. Getty Images


Sederet aktris yang ikut dalam gerakan ini di antaranya Ashley Judd, Eva Longoria, America Ferrera, Natalie Portman, Rashida Jones, Emma Stone, Kerry Washington dan Reese Witherspoon. Mereka juga telah mengumpulkan sumbangan lebih dari US$ 13 juta, dari target US$ 15 juta.

Natalie Portman Sampai Emma Stone Serukan Perlawanan Pada Pelecehan SeksFoto: Getty Images


Nantinya uang donasi tersebut akan digunakan untuk membiayai bantuan hukum pada para korban pelecehan seks baik pria maupun wanita. Mereka berharap bisa membantu para korban pelecehan seks yang hidup kurang mampu seperti petani, buruh pabrik, pekerja restoran dan cleaning service.

Gerakan Time's Up ini tidak memiliki pemimpin. Gerakan ini dijalankan oleh para sukarelawan yang memang sebagian besar bekerja di industri film. Namun gerakan ini tidak hanya dibuat untuk mereka yang bekerja di industri film saja. Justru Time's Up ingin semua orang sadar bahwa pelecehan seks bisa terjadi di dunia kerja apapun.

Keinginan membuat gerakan Time's Up ini muncul setelah lebih dari 700 ribu pekerja perempuan di industri pertanian membuat surat terbuka untuk memberikan dukungan pada para aktris Hollywood yang mengalami pelecehan seks. Surat terbuka ini menyadarkan para pekerja di industri film bahwa pelecehan seks juga bisa dialami wanita-wanita ini dan wanita manapun.

(eny/eny)