Makan Sendirian di Restoran Kini Jadi Tren di Korea

Hestianingsih - wolipop Selasa, 06 Jun 2017 09:36 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Kebanyakan orang ingin pergi makan di restoran bersama teman-teman atau keluarga. Semakin banyak yang ikut, acara makan-makan akan semakin seru. Kalaupun tidak berkelompok, biasanya orang akan lebih nyaman makan di tempat umum jika ada seseorang yang menemani.

Tapi lain di Korea Selatan. Di Negeri Ginseng itu, sedang marak tren orang makan sendirian di restoran. Tren baru ini disebut 'Honbap' yang diambil dari kata yang dalam bahasa Korea berarti 'sendirian' dan 'makan'.

Mengikuti tren ini, sejumlah restoran di Korea Selatan menyediakan tempat khusus berupa bilik-bilik kecil dan masing-masing hanya memiliki satu kursi saja. Bilik pun hanya muat untuk satu orang dan diberi pembatas yang bertujuan agar pengunjung bisa makan dengan nyaman tanpa dipandang aneh oleh pengunjung restoran lainnya.
Makan Sendirian di Restoran Kini Jadi Tren di KoreaFoto: iStock

Seperti dikutip dari Koreaboo, makan sendirian di restoran bukan hal yang umum di Korea Selatan. Mereka yang makan sendirian akan dipandang aneh, karena lumrahnya orang Korea Selatan makan berkelompok atau minimal berdua.

Munculnya tren ini bisa dibilang keluar dari tradisi nenek moyang di negeri kelahiran aktor Lee Min Ho tersebut. Meskipun makan sendirian dianggap sebagai hal yang 'tabu', tren ini makin berkembang di Korea. Honbap dinilai cukup sesuai dengan gaya hidup serba cepat yang kini banyak dijalani generasi lebih muda.

Beberapa restoran bergaya western juga sudah mulai menyediakan menu makanan yang disajikan bagi 'Honbap eater'. Misalnya saja menu 'Simple Meal' khusus untuk pengunjung yang datang sendirian.
Makan Sendirian di Restoran Kini Jadi Tren di KoreaFoto: Thinkstock

Ada pula menu 'Lunch Pizza' berupa pizza ukuran kecil dalam bentuk persegi panjang. Restoran cepat saji Korea, Lotteria bahkan mengurangi meja-meja kecil dan menggantinya dengan meja lebih besar serta satu buah kursi yang mengakomodasi pengunjung yang akan makan sendirian.

Anda termasuk tipe orang yang lebih suka makan sendirian atau berkelompok? (hst/hst)