5 Fakta Tentang Kasus Foto Topless Kate Middleton

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 04 Mei 2017 17:47 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Kate Middleton menjadi sorotan pekan ini karena kasus foto toples dirinya tengah disidangkan. Sidang tersebut melibatkan enam orang sebagai terdakwa yang mempublikasikan foto topless Kate tanpa izin. Berikut lima fakta tentang kasus foto topless Duches of Cambridge:

1. Foto Saat Liburan

5 Fakta Tentang Kasus Foto Topless Kate MiddletonFoto: getty Images


Foto topless Kate diam-diam diambil oleh paparazzi saat Kate Middleton dan Pangeran William berlibur di Provence, Prancis, September 2012. Pasangan yang menikah pada 2011 itu menginap di vila pribadi keponakan Ratu Elizabeth, Viscount David Linley.

2. Media yang Terlibat

5 Fakta Tentang Kasus Foto Topless Kate MiddletonFoto: getty Images


Setelah liburan tersebut, Pangeran William dan Kate menjalani tugas Kerajaan Inggris, melakukan tur ke Asia. Dan masih di September 2012, majalah Closer mempublikasikan foto topless Kate di sampul media mereka. Closer menuliskan kalimat 'Oh my God!' pada pemberitaannya mengenai foto sang putri.

Selain Closer, media lain yang menerbitkan foto liburan Kate tanpa izin adalah koran lokal La Provence. Hanya saja koran tersebut menampilkan foto Kate memakai busana renang, bukan dalam kondisi topless.

3. Reaksi Pangeran William

5 Fakta Tentang Kasus Foto Topless Kate MiddletonFoto: Getty Images


"Aku dan istriku berpikir kami bisa liburan ke Prancis selama beberapa hari di vila yang dimiliki anggota keluarga kami dan menikmati privacy kami," katanya dalam pernyataan yang dirilis Kerajaan Inggris. Nyatanya privacy yang ingin didapatkan sang pangeran malah dilanggar oleh paparazzi.

"Pangeran sangat kecewa saat tahu media Prancis dan seorang fotografer menginvasi privacy mereka dengan tindakan yang sangat tidak sopan. Insiden ini mengingatkan mereka pada apa yang dialami Diana, Princess of Wales dulu yang diserbu press dan paparazzi," demikian pihak kerajaan melanjutkan pernyataan sang pangeran.

4. Tuntutan Hukum

5 Fakta Tentang Kasus Foto Topless Kate MiddletonFoto: Chris Jackson/Getty Images


Saat Closer dan koran La Provence menerbitkan foto pribadi Kate, pihak Kerajaan Inggris langsung mengancam melakukan tuntutan hukum. Dan penyelidikan pun langsung dilakukan pihak kepolisian mencari tahu fotografer yang mengambil foto sang putri secara diam-diam.

Pada Juni 2013, dua fotografer yang diduga memotret Kate diselidiki. Dan pada saat itu majalah Closer juga sudah dihukum otoritas Prancis untuk mengembalikan foto topless Kate dalam waktu 24 jam. Meski begitu tetap saja, foto tersebut dipublikasikan di negara Eropa lain seperti Swedia dan Denmark.

Pangeran William dan Kate Middleton mengajukan gugatan pada majalah Closer dan koran La Provence. Untuk Closer, nilai gugatannya mencapai 1,3 juta poundsterling, sedangkan La Provence mencapai 42 ribu poundsterling. Pasangan dua anak itu meminta pengacara mereka menggugat enam orang yang diduga terlibat dalam penerbitan foto topless Kate Middleton tersebut.

5. Enam Orang Terdakwa

5 Fakta Tentang Kasus Foto Topless Kate MiddletonFoto: Chris Jackson


Sidang gugatan Pangeran William dan Kate Middleton atas kasus foto topless berlangsung pada Selasa (2/5/2017) kemarin. Dalam sidang tersebut, enam orang yang menjadi terdakwa adalah chief executive of Mondadori France, Ernesto Mauri, mantan direktur penerbitan La Provence, Marc Auburtin, editor Closer, Laurence Pieau, dua fotografer dari sebuah agensi foto Prancis, Cyril Moreau dan Dominique Jacovides serta seorang fotografer La Provence, Valerie Suau.


(eny/eny)