Diundang ke Oscar, Pengungsi Suriah Cari Desainer untuk Sponsori Baju

Rahmi Anjani - wolipop Minggu, 26 Feb 2017 13:08 WIB
Foto: ist. Foto: ist.

Jakarta - Untuk datang ke Oscar, baik tamu atau media diharuskan memakai busana formal. Karenanya para selebriti selalu menggunakan gaun atau jas keluaran brand ternama. Sayangnya tak semua undangan mendapat tawaran pinjaman baju oleh desainer. Salah satunya adalah Hala Kami yang tahun ini akan merepresentasikan film dokumenternya di ajang bergengsi tersebut.

Hala adalah pengungsi Suriah yang membintangi film Watani: My Homeland. Film itu bercerita mengenai Hala dan keempat anaknya yang berhasil melarikan diri dari perang dan berusaha membangun hidup baru di Jerman. Film dokumenter tersebut membuatnya diundang untuk mewakili filmnya ke Oscar 2017 yang akan diadakan Minggu (26/2/2017) malam waktu Los Angeles.

Meski bahagia dan bangga, sayangnya undangan tersebut juga terasa pahit di saat yang bersamaan. Alasannya karena dia tidak punya busana yang sesuai untuk dipakai ke Oscar. Apalagi waktunya yang dimiliki hanya tiga hari untuk mendapat gaun chic dan elegan seperti keinginan Hala. Sutradara film Chris Temple pun mengunggah postingan di akun Twitter-nya jika Hala butuh pinjaman gaun untuk dipakai di ajang penghargaan film bergengsi itu.

Foto: ist.

"Kami punya sedikit masalah dengan busana, sekarang kami sedang krisis mode, mencari dress yang tepat untuknya. Banyak orang sudah menghubungi tapi kami punya masalah dengan parameter yang spesifik. Kami butuh dress modest yang akan sesuai dengan hijab dan dia adalah ibu dari empat anak jadi ukurannya tubuhnya bukan ukuran sample. Jadi itu alasannya kami kesulitan menemukan dengan cepat," Hayley Pappas dari RYOT yang mewakili Hala.

Meski bingung akan memakai memakai busana apa, Hala merasa senang jika bisa hadir ke acara yang setiap tahun disaksikannya di televisi. Ia mengaku sering menonton Oscar hingga larut malam sambil berusaha mengingat setiap selebriti yang hadir di karpet merah.

"Berpikir bahwa tiga tahun setelah aku berpisah dengan suamiku, aku akan bepergian ke acara yang kami sering tonton bersama membuatku ingin menangis. Tapi untuk diingatkan kembali mengenai apa yang hilang dari ku juga menjadi pengingat apa yang aku punya: empat anakku," kata Hala kepada AOL.

Kedatangannya ke Oscar tentu bukan hanya untuk alasan eksistensi. Hala mengaku ingin menceritakan kepada dunia mengenai Suriah yang sudah dirusak karena perang.

"Semua kerusakan dan kehancuran butuh upaya dari seluruh dunia untuk bekerja bersama, untuk membantu orang-orang ini kembali ke akar mereka, akar yang sangat mereka pegang. Yang diinginkan semua orang ini adalah kedamaian dan hak untuk hidup," tutur Hala.

Ternyata tak butuh waktu lama untuk mencari desainer yang mau mensposori Hala. Dalam satu hari, sudah ada perancang yang setuju untuk mendandaninya. Gaun itu pun masih dirahasiakan untuk menjadi kejutan di malam Oscar yang akan diadakan dini hari nanti.
(ami/hst)