Hari Ibu 2016

Titi DJ Jelaskan ke Anak Kalau Hari Ibu dan Mother's Day Berbeda

Arina Yulistara - wolipop Kamis, 22 Des 2016 12:46 WIB
Foto: Noel Foto: Noel

Jakarta - Hari Ibu tidak hanya dirayakan di Indonesia tapi juga puluhan negara lainnya seperti Amerika Serikat dan Inggris. Penyanyi Titi DJ pun termasuk selebriti yang memiliki tradisi merayakan Hari Ibu di tengah-tengah keluarganya.

Titi DJ dan keempat anaknya pun rutin memperingati hari besar untuk para ibu dua kali setahun. Hari Ibu Nasional setiap tanggal 22 Desember dan Mother's Day secara internasional. Ternyata, Hari Ibu dan Mother's Day adalah dua hal yang dimaknai berbeda.

Hal itu yang coba dijelaskan wanita 50 tahun ini kepada anak-anaknya agar paham makna di balik penetapan Hari Ibu Indonesia dan Mother's Day yang diperingati secara global. Apa bedanya?

"Saya bilang ke mereka Mother's Day dan Hari Ibu Indonesia beda loh. Kalau Mother's Day memang untuk ibu. Kalau Hari Ibu Indonesia kalian tahu nggak sejarahnya. Sejarahnya itu berasal dari kongres wanita Indonesia makanya dibilangnya Hari Ibu. Jadi bukan memanjakan ibu tapi lebih memberikan apresiasi kepada wanita Indonesia. Saya juga bingung kenapa dibilang Hari Ibu padahal bukan hanya ibu saja tapi seluruh wanita sebenarnya," jelas Titi kepada Wolipop saat ditemui di New Playground, Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (21/12/2016).

Ya, di Indonesia Hari Ibu ditetapkan setiap 22 Desember. Namun negara lain, Hari Ibu disebut Mother's Day dan dirayakan dengan tanggal yang berbeda-beda. Secara umum, Mother's Day diperingati setiap Maret atau Mei.

Bukan hanya tanggal saja berbeda, makna Hari Ibu dan Mother's Day pun tidak sama. Hari Ibu di Indonesia ditetapkan untuk memperingati perjuangan wanita-wanita hebat Indonesia dalam memajukan bangsa dan negara.

Penetapan Hari Ibu juga diawali dari bertemunya para pejuang wanita dengan mengadakan Kongres Perempuan Indonesia I pada 22 sampai 25 Desember 1928. Kemudian Presiden Soekarno menetapkan melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu yang dirayakan secara nasional sampai saat ini.

Maksud diperingatinya Hari Ibu awalnya lebih untuk mengenang semangat dan perjuangan para perempuan dalam upaya perbaikan kualitas bangsa. Seiring berjalannya waktu arti Hari Ibu Indonesia kini lebih dimaknai untuk menghormati perjuangan seorang ibu.

Sedangkan Mother's Day di Amerika Serikat dan 75 negara lainnya memang perayaan menghormati peran ibu dalam keluarga dan pengaruh ibu di masyarakat. Awal mulanya untuk memperingati mendiang aktivis Anna Jarvis yang merupakan pencetus Mother's Day. Jarvis berpendapat bahwa setiap orang harus menghargai dan menghormati ibu mereka melalui tulisan tangan untuk mengekspresikan rasa cinta dan terima kasih mereka.
(ays/hst)