Alicia Keys Larang Anak-anaknya Nonton atau Baca Cerita Putri Salju

Eny Kartikawati - wolipop Jumat, 04 Nov 2016 15:41 WIB
Foto: Jamie McCarthy / Getty Images
Jakarta - Cerita Putri Salju yang legendaris dan menjadi favorit anak-anak ternyata tak disukai penyanyi Alicia Keys. Alicia pun sampai tidak mau memperkenalkan kisah dongeng Disney tersebut kepada kedua anaknya.

Alicia mengungkapkan alasannya tidak mau membacakan cerita Snow White atau Putri Salju kepada kedua putranya, Egypt (enam tahun) dan Genesis (10 tahun) bukan karena mereka laki-laki. Menurutnya cerita tersebut memuat pesan yang sexist atau seksisme. Seksisme merupakan diskriminasi terhadap seseorang karena melihat jenis kelaminnya atau kepercayaan bahwa satu jenis kelamin lebih unggul dari lainnya.

"Orang bilang anak-anak belajar dari ibu mereka, sejak mereka lahir. Apakah kamu sudah menonton Snow White? Aku tidak mau anak-anakku menontonnya. Cerita itu sangat sexist dan misogonis," begitu kata pelantun Girl On Fire itu dalam wawancara dengan The EDIT.

Alicia menganggap cerita Putri Salju sexist karena dikisahkan sang putri bekerja bersih-bersih rumah dan memasak untuk tujuh kurcaci, sementara para kurcaci itu pergi bekerja. "Tidak ada yang salah dengan wanita yang memilih untuk menjadi ibu rumah tangga, itu pekerjaan yang sulit, tapi cara menyampaikannya," katanya.

Selain Putri Salju, cerita Disney lainnya yang juga kerap dikritisi para feminist adalah The Little Mermaid. Kisah Putri Ariel yang rela mengubah dirinya menjadi manusia bukan lagi duyung dianggap bukan contoh yang baik untuk anak-anak. Cerita tersebut seolah mengajarkan bahwa hanya dengan melakukan makeover pada penampilan bisa membuat jalan hidup berubah. Padahal terkadang tidak cukup dengan makeover saja.



(eny/eny)