Lucunya Saat Tentara-tentara Korea Selatan Menari Balet untuk Redakan Stres

Arina Yulistara - wolipop Jumat, 22 Jul 2016 17:39 WIB
Foto: Reuters Foto: Reuters

Jakarta - Bagaimana cara Anda untuk meredakan stres? Beberapa wanita maupun pria pergi menonton film, traveling, atau melakukan berbagai kegiatan menyenangkan untuk meringankan penat di kepala. Namun tak sedikit dari mereka yang melakukan hal-hal di luar perkiraan untuk meredakan stres.

Seperti yang dilakukan oleh para tentara di Korea Selatan. Mereka kabarnya melepas penat dengan mengambil latihan tari balet yang diajarkan langsung oleh balerina profesional. Para tentara yang bertugas di kawasan perbatasan dengan Korea Utara atau Demilitarized Zone mengatakan bahwa tari balet bisa membuat mereka lebih merasa rileks.


Setiap seminggu sekali, para prajurit muda mengganti sepatu boots mereka dengan sepatu khusus menari balet. Mereka mengambil kelas tersebut demi meringankan stres ketika menjaga area perbatasan dengan Korea Utara. Mereka dilatih oleh seorang balerina nasional Korea, Lee Hyang-jo.

Kegiatan tari yang dilakukan oleh para tentara ini sudah berlangsung sejak setahun lalu. Lee Hyang-jo mengatakan para tentara yang dilatihnya awalnya merasa kesulitan dengan gerakan-gerakan balet yang menuntut kelenturan, split misalnya.

"Para prajurit belajar sedikit demi sedikit dan kesulitan tapi mereka juga tertawa lebih banyak dan memiliki waktu untuk bersantai," ujar Lee Hyang-jo kepada Reuters.

Baca juga: 50 Inspirasi OOTD Hijabers Dunia

Seorang sersan berusia 23 tahun, Kim Joo-hyeok, menuturkan kalau ketegangan yang dialami oleh para tentara muda ketika bertugas membuat mereka stres. Belum lagi kondisi Korea Selatan yang secara teknis masih dalam keadaan perang dengan Korea Utara.

"Ada banyak ketegangan di sini karena kita hidup di unit terdepan yang membuat saya selalu merasa tidak aman. Melalui balet, saya bisa tetap tenang dan menemukan kesimbangan serta lebih rileks dalam menjalaninya bersama tentara lainnya," ujar Kim Joo-hyeok.

Letnan Kolonel Heo Tae-sun menambahkan, balet itu memerlukan kekuatan fisik yang baik dan sangat bagus untuk memperkuat otot, meningkatkan fleksibilitas, serta memberikan postur tubuh yang bagus.



(ays/ays)