#AskHerMore, Kampanye Kesetaraan Gender di Red Carpet Pesta Selebriti

- wolipop Senin, 12 Jan 2015 09:43 WIB
Dok. Getty Images Dok. Getty Images

Jakarta - Awal tahun biasanya menjadi masanya perhelatan akbar untuk para insan perfilman dunia. Sejumlah acara penghargaan seperti Golden Globes dan Academy Awards digelar. Berkaitan dengan pesta perfilman itu, sebuah kampanye pun digalakkan demi meningkatkan kesetaraan gender. Kampanye tersebut menggunakan hashtag #AskHerMore.

Kampanye #AskHerMore ini digagas oleh sebuah kelompok yang aktif mengkampanyekan kesetaraan gender Representation Project. Kelompok tersebut sebelumnya merilis film Miss Representation yang ditayangkan perdana di Sundance Film Festival pada 2011.

Representation Project membuat kampanye AskHerMore ini karena di setiap perhelatan penghargaan film, para selebriti wanita lebih sering ditanya tentang hal-hal biasa oleh para presenter seperti Sarah Silverman dan Giuliana Rancic. Hal-hal biasa itu misalnya soal busana mereka, kehamilan, anak hingga kenapa datang sendiri tanpa pasangan. Sedangkan para selebriti pria, lebih sering ditanya tentang peran mereka di film, orang yang mereka idolakan, pekerjaan pertama di Hollywood dan lain-lain.

Perbedaan pertanyaan ini menurut Representation Project itu tidak mencerminkan adanya kesetaraan gender. Dan pemikiran tersebut tidak hanya disepakati oleh kelompok tersebut. Setidaknya berdasarkan data mereka ada tujuh juta orang yang sudah mendukung kampanye #AskHerMore ini.

Aktris Cate Blanchett termasuk salah satu yang mendukung kampanye ini. Dalam sebuah acara penghargaan film, Cate terlihat bicara ke kamera dan protes soal pertanyaan yang diberikan untuknya. "Apakah kalian melakukan ini juga pada para pria," begitu tanyanya.

Hashtag yang meminta pada para pembawa acara untuk bertanya pada aktris bukan hanya sekadar busana atau kehamilan ini sebenarnya sudah dikampanyekan Representation Project sejak Academy Awards 2014 lalu. Saat Emmy Awards yang digelar Agustus 2014 kampanye serupa juga kembali digaungkan di dunia maya. Sejumlah wanita yang mendukung menuliskan tweet disertai hashtag AskHerMore ini.

"Hey, reporters-- Ask Amy Poehler about @smrtgrls. Ask her about her inspirations and tips for empowering young girls. #AskHerMore #Emmys," tulis seorang pengguna Twitter bernama Catherine.

"Hey @GiulianaRancic, love her outfit, but what about focusing on her TV success and experience? @redcarpet #AskHerMore," tulis pengguna Twitter lainnya bernama Milena.

Dengan adanya kampanye AskHerMore ini, Representation Project berharap pada 2015 ini, hal serupa tidak diulangi para pembawa acara pesta selebriti. Diharapkan pada Academy Awards dan Golden Globes 2015 ini akan ada lebih banyak pertanyaan untuk para aktris wanita yang menginspirasi.

(eny/als)