Kamis, 15/02/2018 07:21 WIB

Menurut Riset, Orang Indonesia Pilih Parfum yang Bisa Bikin Bahagia

Anggi Mayasari - wolipop
Menurut  Riset, Orang Indonesia Pilih Parfum yang Bisa Bikin Bahagia Foto: ist
Jakarta - Memakai wewangian atau parfum ternyata bisa membangkitkan mood atau emosi tertentu. Hal itu pun dibuktikan dengan studi ilmiah yang menyatakan bahwa aroma terkait dengan emosi.

Menurut parfum expert dari Firmenich Fragrance House Marina Pryana, pihaknya telah bekerja sama dengan beberapa universitas dan institusi ilmiah di Geneva dengan menggunakan tiga metode yakni fisiologi, observasi perilaku, dan verbalisasi. Hasilnya ada 36 emosi untuk manusia secara general yang terkait dengan aroma atau wewangian tertentu.

Menurut  Riset, Orang Indonesia Pilih Parfum yang Bisa Bikin BahagiaFoto: Thinkstock


Beberapa emosi yang dihasilkan itu antara lain adalah sensual, kebahagiaan, marah, dan berenergi atau bersemangat. Menurut Marina, di Indonesia sendiri ternyata kebanyakan orang mencari wewangian yang memicu kebahagiaan.

"Riset ini sudah kita lakukan selama lima tahun di berbagai negara dan 2017 kemarin hasilnya baru keluar. Nah untuk Indonesia sendiri ternyata mereka memilih wewangian yang bisa menimbulkan kebahagiaan, dan membuat otak terasosiasi terhadap suatu obyek, tempat, memori, atau orang tertentu," terang Marina ketika ditemui usai acara Royale Parfum Collection So Klin di Plaza Senayan Arcadia, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2018)

Marina juga menambahkan bahwa wewangian yang bisa membangkitkan rasa bahagia itu bisa bersumber dari aroma bunga. Salah satu yang populer adalah aroma mawar.

"Ada dari sisi berbagai macam, seperti ada dari sisi aroma bunga, dan kebanyakan orang Indonesia pilihnya mawar. Oh mereka merasa mawar itu romantis. Mawar itu di kebun orangtua ada. Itu yang memicu mereka 'oh saya bahagia mencium mawar'," tutur Marina.

"Terus ada juga es krim, mengingatkan memori masa kecil. Ternyata wewangian es krim itu membuat mereka lebih bahagia," imbuhnya. (agm/kik)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com