Jumat, 19/01/2018 07:15 WIB

Aktris Ellen Pompeo Ungkap Caranya Negosiasi untuk Dapat Gaji Rp 266 M

Rahmi Anjani - wolipop
Aktris Ellen Pompeo Ungkap Caranya Negosiasi untuk Dapat Gaji Rp 266 M Foto: ist.
Jakarta - Salah satu penyebab penghasilan wanita kadang lebih kecil dari pria adalah enggannya mereka meminta kenaikan. Menurut sejumlah penelitian, banyak wanita karier yang kurang berani dalam bernegosiasi gaji dibanding pria. Untuk Anda yang tengah merasakan hal serupa, mungkin bisa mengintip cara Ellen Pompeo menuntut kenaikan gaji yang membuat akan dibayar Rp 266 miliar dalam dua tahun ke depan.

Ellen Pompeo adalah aktris Amerika Serikat yang dikenal dengan perannya di serial Grey's Anatomy. Peran sebagai Meredith Grey dalam serial kedokteran tersebut sudah dilakoninya dalam 13 tahun belakangan. Tentu Ellen merupakan salah satu faktor yang mendukung kesuksesan Grey's Anatomy hingga sekarang. Ia pun menuntut haknya untuk mendapat penghasilan sepadan.

Dilansir Hollywood Reporter, kontrak terbaru menyatakan Ellen akan dibayar $20 juta atau sekitar Rp 266 miliaran untuk dua tahun ke depan selama membintangi Grey's Anatomy. Itu belum termasuk bonus sekitar $6 juta atau Rp 80 miliaran. Ellen pun membagi ceritanya mengenai negosiasi gaji ini.

"Ketika wajah dan suaramu sudah menjadi bagian dari sesuatu yang menghasilkan $3 juta (Rp 40 miliaran) untuk perusahaan terbesar di dunia, kamu mulai merasa, 'Oke, mungkin aku berhak menerima sedikit bagian'" ungkap Ellen.

"Aku sudah berusia 48 tahun sekarang jadi aku sudah berada di tempat di mana aku bisa meminta apa yang aku pantas dapatkan, yang mana adalah sesuatu yang datang seiring usia," tambahnya.

Dari pernyataan Ellen, diketahui bahwa kunci negosiasi gaji untuk wanita hanyalah berani meminta dan jangan takut dianggap serakah. "Mungkin karena latar belakang Katolik Irlandia-ku, tapi aku tidak ingin dianggap terlalu serakah. Atau mungkin ini hanya karena sebagai wanita, inilah masalah kita. Seorang pria meminta $600,000 (Rp 8 miliaran) per episode. Dan wanita, seperti 'Oh, aku bisa meminta itu? Apa itu oke?," tutur Ellen.

Sebelumnya, Ellen pun pernah meminta gaji yang lebih besar dari mantan rekannya, Patrick Dempsey. Namun ketika itu, perusahaan tidak memberikan. Ellen pun menilai jika kepergian Patrick dari serial tersebut adalah hal yang bijaksana untuknya karena perusahaan tak lagi punya alasan untuk tidak menaikkan gajinya.

"Aku sering meminta kami (Ellen dan Patrick) bergabung untuk negosiasi bersama tapi dia tidak tertark. Suatu hari, aku meminta (gaji) lebih $5,000 (Rp 66 jutaan) dari dia pada principle karena acaranya berjudul "Grey's Anatomy" dan aku 'Meredith Grey'. Mereka tak mau memberi," tutur Ellen.


(ami/kik)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com