Sabtu, 19/08/2017 20:57 WIB

Wanita 86 Tahun Ini Rela Habiskan Rp 12 Miliar Bangun Istana Keramik

Anggi Mayasari - wolipop
Wanita 86 Tahun Ini Rela Habiskan Rp 12 Miliar Bangun Istana Keramik Foto: istimewa
Jingdezhen - Seorang wanita berusia 86 tahun dari Jingdezhen, China Timur, telah menghabiskan sekitar Rp 12 miliar selama lima tahun terakhir untuk membangun sebuah istana yang seluruhnya dihias dengan keramik. Kebanyakan orang menganggap Yu Ermei tak waras karena menghabiskan banyak waktu dan uang untuk proyek istananya itu. Namun Yu mengungkapkan bahwa hidupnya tidak akan lengkap tanpa istana keramik.

Enam tahun lalu, Yu memiliki gagasan untuk membuat sebuah istana porselin yang unik. Meski sempat ditentang oleh keluarganya, Yu mencoba menjelaskan bahwa inilah mimpinya.

Jingdezhen memang dianggap sebagai pusat porselin di China, dan Yu telah tinggal disana sejak berusia 12 tahun. Wanita tersebut ingin meninggalkan sesuatu untuk menghormati kota yang telah membentuk keberadaannya. Istana tersebut bagi Yu dapat menjadi jalan kembali ke Jingdezhen dan juga penghormatannya pada keramik.
Wanita 86 Tahun Ini Rela Habiskan Rp 12 Miliar Bangun Istana KeramikFoto: istimewa

Sebagian besar hidup Yu telah dihabiskan untuk berbisnis keramik. Selain menjual porselen di seantero China dan mancanegara, Yu juga mengumpulkan keramik selama 30 tahun terakhir dalam hidupnya. Wanita berusia senja ini tak tahu apa yang harus dilakukan dengan koleksi keramik yang cukup besar itu.

Hingga akhirnya Yu melihat sebuah rumah porselin yang terkenal di Tianjin dan dibangun oleh penggemar keramik yang memiliki pemikiran sama dengannya. Yu pun langsung menemukan sebuah tujuan yang indah untuk memanfaatkan koleksinya yang lebih dari 60 ribu porselen.
Wanita 86 Tahun Ini Rela Habiskan Rp 12 Miliar Bangun Istana KeramikFoto: istimewa

Yu kemudian membeli sebidang tanah dan mulai mengerjakan sebuah bangunan yang melingkar besar lalu seluruhnya dihias dengan berbagai potongan keramik. Istana keramik yang dibangun Yu ini memiliki luas 1.200 meter persegi dan terdiri dari 80 ton pecahan porselen yang digunakan baik sebagai bahan bangunan maupun dekorasi.

Istana keramik Yu Ermei yang menakjubkan ini menampilkan pola mosaik cerah mengkilap yang terinspirasi oleh berbagai elemen budaya China,mulai dari naga dan burung phoenix, hingga simbol zodiak China dan Tai Chi. Bagian dalamnya mulai dari lantai hingga dinding ditutupi dengan potongan keramik.
Wanita 86 Tahun Ini Rela Habiskan Rp 12 Miliar Bangun Istana KeramikFoto: istimewa

Dilansir Shanghaiist, nenek 86 tahun ini mengklaim bahwa untuk membangun istana porselen ini dibutuhkan harga sekitar enam juta yuan atau setara dengan Rp 12 miliar dan itu tidak termasuk dengan nilai porselen utuh yang digunakan sebagai hiasan.

"Aku berharap istana keramik yang unik ini akan menarik wisatawan dan memperbaiki kehidupan penduduk setempat," jelas Yu. (agm/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177