Sabtu, 12/08/2017 16:33 WIB

Butik Pernah Dibakar Pada Kerusuhan '98, Anne Avantie Makin Cinta Indonesia

Daniel Ngantung - wolipop
Butik Pernah Dibakar Pada Kerusuhan 98, Anne Avantie Makin Cinta Indonesia Foto: Foto: Daniel/Wolipop
Jakarta - Cinta desainer mode Anne Avantie kepada Indonesia seolah tak berkesudahan. Padahal, kerusuhan Mei 1998 masih meninggalkan kenangan buruk Anne Avantie.

Masih teringat betul di benak Anne bagaimana tempatnya bekerja di Semarang dibakar massa saat kejadian terburuk dalam sejarah Indonesia itu terjadi.

Bagi desainer yang akrab disapa Bunda Anne itu, musibah tersebut bisa saja menjadi alasannya untuk berhenti mencintai bangsa ini. Namun ia tidak rasa benci tersebut menguasainya.

"Indonesia butuh orang-orang yang tulus mencintai tanpa syarat. Apalagi di tengah situasi yang sensitif seperti saat ini," kata Anne ketika merefleksikan makna kemerdekaan RI di sela pembukaan Pasar Tiban 9 di AEON Mall BSD City, Tangerang Selatan, Jumat (11/7/2017).

Rasa cinta itu Anne wujudkan dalam setiap karyanya. Eksis di industri mode sejak 27 tahun silam, Anne berkomitmen untuk terus mengangkat kebaya dan batik sebagai warisan budaya, namun dalam sentuhan kontemporer sehingga relevan dengan perkembangan zaman.


Tak berhenti di situ, wanita 63 tahun itu juga menyelenggarkan Pasar Tiban. Digelar secara rutin sejak tahun lalu, Pasar Tiban menjadi wadah bagi para perajin batik dan usaha kecil dan menengah (UKM).

"Saat ini masih banyak UKM yang belum merdeka dari kesulitan mencari keuntungan. Seperti yang kita tahu, sewa lapak pameran saja mahal. Bagaimana mereka mau untung. Di sini, Pasar Tiban hadir untuk memberikan mereka wadah," kata Anne.

(dng/kik)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com