Jumat, 21/04/2017 19:15 WIB

Cara Aktris Jessica Chastain Pastikan Dapat Gaji Sama dengan Rekan Prianya

Rahmi Anjani - wolipop
Cara Aktris Jessica Chastain Pastikan Dapat Gaji Sama dengan Rekan Prianya Foto: Kevork Djansezian
Jakarta - Bukan rahasia lagi jika kesetaraan gaji antara aktris dan aktor menjadi masalah di industri Hollywood. Terungkap jika beberapa pemain film wanita pernah mendapat penghasilan yang jauh lebih rendah dari pemain pria padahal peran mereka setara. Aktris-aktris seperti Charlize Theron, Jennifer Lawrence, hingga Natalie Portman diketahui mengalaminya.

Pernah bernasib sama, Jessica Chastain pun tak ingin kejadian serupa terjadi lagi. Apalagi pemain film The Martian tersebut kini telah menjadi advokat untuk kesetaraan gender di Hollywood. Untuk itu, sebelum mengambil peran, ia memastikan jika bayaran yang nantinya akan diberikan tidak timpang dengan lawan main pria.

"Aku tidak lagi mengambil pekerjaan di mana aku dibayar seperempat dari yang dibayarkan kepada rekan pria. Aku tidak membiarkan itu dalam hidupku," kata Jessica pada Variety.

"Apa yang aku lakukan sekarang adalah ketika aku mengambil film, aku selalu bertanya mengenai keadilan gaji. Aku bertanya apa yang mereka tawarkan kepadaku dibanding kepada pria," tambahnya.

Jessica mengaku sebenarnya tidak peduli dengan berapa banyak ia dibayar. Namun wanita 40 tahun ini tidak mau mengerjakan hal yang sama dengan orang yang mendapatkan penghasilan lima kali lipat.

"Di masa lalu, ini sangat buruk, film datang kepadaku dengan sebuah tawaran. Mereka tidak akan deal denganku sampai menemukan aktor utama. Mereka akan menunggu dan melihat (aktor) yang tersisa untuk mereka, bahkan ketika mereka datang ke aku dulu. Jadi aku berhenti melakukannya," tutur Jessica.

"Sekarang, jika seseorang datang padaku dan punya tawaran tapi menyuruhku menunggu, aku bilang 'Goodbye'. Jika kamu mau aku dalam film-mu, tolong lakukan ini. Jangan tentukan nilaiku berdasarkan apa yang tersisa," kata Jessica lagi.

Pemain yang pernah mendapat nominasi Oscar di film Zero Dark Thirty dan The Help tersebut bahkan pernah menolak peran besar karena gaji pemain wanita dan pria tidak seimbang. Jessica yang juga seorang produser film itu pun pernah sempat berpikir apakah penolakannya akan berpengaruh buruk pada karier ke depannya. Namun ia percaya langkahnya tersebut akan bisa mengedukasi orang.

"Jadi apa yang kamu lakukan adalah menciptakan reputasi: jangan bawa Jessica sesuata di mana dia tidak diberi kompensasi yang adil dibanding aktor pria. Walaupun aku kehilangan film itu, aku sudah menciptakan batasan. (Ibaratnya) Aku sudah menggambar garis di pasir. Kekuatan berkata 'tidak' berarti kamu mengedukasi orang tentang bagaimana seharusnya memperlakukanmu," ujar lulusan Julliard School. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177