Selasa, 21/03/2017 11:23 WIB

Belanja Online vs di Toko, Lebih Boros Mana?

Rahmi Anjani - wolipop
Belanja Online vs di Toko, Lebih Boros Mana? Foto: Thinkstock
Jakarta - Kecanggihan teknologi membuat orang zamin ini lebih mudah belanja. Tak perlu keluar rumah atau titip teman untuk mendapatkan produk yang kita suka atau perlukan. Tinggal buka website e-commerce, barang dari luar negeri pun bisa didapatkan. Apalagi situs belanja juga sering menawarkan diskon atau promo menggiurkan yang sayang dilewatkan.

Mulai dari makanan, busana, hingga gadget semua bisa dicari dengan bantuan jari saja. Tapi meski mudah, belanja online justru bikin pengeluaran lebih boros. Apa Anda juga?

Psikolog klinis Kasandra Putranto memberikan pendapatnya. Menurutnya, dari jumlah angka, belanja online memang lebih besar. Namun sayangnya belum ada penelitian mengenai kebiasaan belanja online dibanding konvesional di Indonesia. Tapi Kasandra memastikan jika orang Indonesia pada dasarnya suka belanja.

Belanja Online vs Konvesional, Lebih Boros Mana?Foto: Thinkstock
"Dari statistik, memang lebih banyak online. Apalagi orang Indonesia senang beraktivitas online terkait pengguna online-nya. Karena banyak yang menggunakan (smartphone) dibarengi kapasitasnya yang cuma tinggal klik," kata Kasandra saat ditemui Wolipop dalam sebuah acara di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat beberapa waktu lalu.

"Apalagi industri juga sudah mulai bergeser. Semakin banyak gerai yang tutup dan buka online. Karena kalau toko harus bayar sewa dan segala macam," tambah Kasabdra.

Ditambah lagi karakteristik orang Indonesia yang memang suka belanja. Pembelanjaan mereka bisa lebih banyak dari orang luar negeri.

"Misalnya orang Indonesia suka pakai baju matching. Baju, tas, sepatu warnanya senada. Kalau orang luar tidak seperti kita, lebih cuek. Mungkin karena haters di sini lebih sadis," ungkap Kasandra.

Selain promo, situs belanja juga sering menawarkan promo khusus dengan kartu kredit. Hal itu pun semakin membuat penggila belanja lebih mudah lagi dalam mengeluarkan uang dan jadi lebih boros. Jadi Kasandra menyarankan untuk lebih berhati-hati dalam menggunakannya.

Belanja Online vs Konvesional, Lebih Boros Mana?Foto: Thinkstock


"Lihat kartu kredit bukan sebagai uang tambahan. Lihat sebagai benefit dan keuntungan, misalnya bisa mencicil atau saat ada diskon," tuturnya lagi. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177