Minggu, 23/10/2016 11:24 WIB

Oki Setiana Dewi Pamerkan Gaun Pengantin Syar'i di International Islamic Fair

Intan Kemala Sari - wolipop
Oki Setiana Dewi Pamerkan Gaun Pengantin Syari di International Islamic Fair Foto: Intan Kemala Sari
Jakarta - International Islamic Fair 2016 (IIF) merupakan acara pemersatu komunitas Islam di seluruh dunia yang mempromosikan kebudayaan, pendidikan, pariwisata, kuliner halal, serta fashion. Digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (22/10/2016), ajang tahunan tersebut ditutup oleh fashion show dari sejumlah desainer dari dalam dan luar negeri, salah satunya adalah Oki Setiana Dewi.

Melalui lini busana bertajuk Oki Setiana Dewi Bridal, aktris sekaligus desainer ini menampilkan delapan gaun pengantin syar'i. Gaun pengantin berwarna merah menjadi busana pertama yang dihadirkan. Dengan potongan melebar di bagian bawahnya, gaun tersebut dilapisi dengan kain tulle serta ornamen berwarna keemasan di bagian pinggang dan hijabnya.

Oki Setiana Dewi Pamerkan Gaun Pengantin Syar'i di International Islamic FairFoto: Intan Kemala Sari


Koleksi berikutnya didominasi oleh warna putih. Sejumlah busana hadir dalam potongan lurus namun kaya detail. Bagian atas busana dibuat seperti cape yang longgar untuk menutupi bagian dada, sedangkan bagian bawahnya dihiasi oleh manik-manik yang membuat tampilan terlihat mewah.

Ada pula gaun dengan detil yang bertumpuk di bagian bawahnya yang dilengkapi dengan beberapa ornamen di tempat-tempat tertentu. Sedangkan bagian dada dan lengan terbuat dari material yang tidak menerawang. Penambahan kalung panjang turut mempermanis penampilan.

Oki Setiana Dewi Pamerkan Gaun Pengantin Syar'i di International Islamic FairFoto: Intan Kemala Sari


Sesuai dengan gaya berpakaian Oki sehari-hari yang tampil dengan hijab syar'i, sebisa mungkin ia membuat penampilan gaun pengantin rancangannya tetap syar'i. Kerudung segiempat panjang dikreasikan sedemikian rupa untuk menutupi bagian dada. Agar tidak monoton, penambahan aksesori di kepala dengan headpiece sangat mempengaruhi.

Salah satu ciri khas Oki dalam mendesain gaun pengantin syar'i adalah penggunaan veil atau jubah yang panjangnya menjuntai hingga lantai. Hampir seluruh busana yang dipamerkan dilengkapi dengan veil yang juga ditaburi bebatuan atau bordiran bunga-bunga.

Oki Setiana Dewi Pamerkan Gaun Pengantin Syar'i di International Islamic FairFoto: Intan Kemala Sari


Tak hanya Oki saja yang menampilkan karyanya, ada pula desainer asal Inggris lewat labelnya Aywa yang berkesempatan untuk menampilkan koleksinya dengan gaya etnik. Permainan motif dan tabrak warna yang kontras ditampilkan lewat celana panjang, blus, rok, hingga outer panjang.

Oki Setiana Dewi Pamerkan Gaun Pengantin Syar'i di International Islamic FairFoto: Intan Kemala Sari


Aywa sempat menarik perhatian menjelang fashion show karyanya berakhir. Dia menampilkan model yang seluruh wajahnya tertutup pashmina. Para model ini berjalan di catwalk dengan wajah yang seluruhnya tertutup sehelai kain yang memanjang hingga lengan.

Sementara itu desainer asal Indonesia lainnya yang turut berbagi panggung adalah Misan - Kopaka dengan labelnya Metamofoz yang menampilkan busana muslim ready-to-wear, Mila Meilasari dengan label Zuikaffah yang menampilkan busana muslim untuk ke pesta, serta label Albarizk lewat busana muslim syar'i dominasi warna pastel.

(itn/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177