Jumat, 10/06/2016 10:49 WIB

Dekorasi Rumah Mungil

Ubah Ruang Keluarga yang Sempit Terasa Lebih Besar: Pilih Warna Senada

Intan Kemala Sari - wolipop
Ubah Ruang Keluarga yang Sempit Terasa Lebih Besar: Pilih Warna Senada Foto: Thinkstock
Jakarta - Ruang keluarga sering dimanfaatkan penghuni rumah untuk berkumpul bersama dan berbincang santai. Selain kamar tidur, ruang keluarga pun menjadi area yang sering dikunjungi. Namun bagaimana jika ruang keluarga tersebut tidak terlalu besar, tentunya aktivitas di dalamnya kurang terasa nyaman bukan?

Jangan langsung berkecil hati, masih ada cara yang bisa dilakukan untuk menyulap ruangan yang kecil tersebut agar terlihat lebih besar. Seperti yang dituturkan oleh desainer interior Riski Anggarini, ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi sebuah ruangan terlihat besar, yakni peletakan furnitur, cermin, dan warna dinding.

Menurutnya, untuk menata ruang tamu sebaiknya pilih rangkaian warna yang senada sebagai warna dominannya. Setelah itu jika dirasa agak monoton, Anda bisa menambahkan warna lain sesuai dengan warna favorit.

"Sebaiknya satu tone warna saja. Misalnya putih, ivory, krem, cokelat muda, cokelat tua untuk warna dasarnya. Kalau mau ada personal color bisa ditambah warna yang bold, misalnya merah atau biru," jelas Riska saat diwawancarai Wolipop melalui telepon, Kamis (9/6/2016).

Desainer kelahiran 1985 itu melanjutkan, warna-warna bold terserbut bisa diselipkan sebagai bantal sofa atau pajangan di ruang tamu. Anda juga bisa menaruh lukisan dengan warna-warna yang kontras dari ruang tamu untuk membuat ruangan terasa besar.

"Misalnya sofanya warna krem dan lukisannya warna biru, itu masih cocok digabungan dan memberikan kesan kalau ruangan itu lebih personal. Kalau satu warna sudah dominan di satu ruangan, warna kontras itu jadi terlihat menarik," papar desainer lulusan Limkokwing University Malaysia itu.

Dilansir dari Expert Home Tips, membuat ruang keluarga terasa lebih besar juga bisa dilakukan dengan menghindari pemilihan material yang berat pada gorden karena akan menyerap cahaya dan membuat ruangan terasa gelap. Pilih bahan yang ringan seperti linen karena akan memberikan efek ruangan terasa sejuk. (itn/itn)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com