Jumat, 06/11/2015 16:23 WIB

Uji Mental di Sekolah Kepribadian

6 Aturan Table Manner yang Belum Tentu Anda Tahu

Intan Kemala Sari - wolipop
6 Aturan Table Manner yang Belum Tentu Anda Tahu Dok. Thinkstock
Jakarta - Jamuan makan yang bersifat resmi seringkali menjadi salah satu agenda yang rutin dilakukan oleh perusahaan. Maka dari itu, ada baiknya Anda mengetahui apa saja etika dan sikap yang sebaiknya dimiliki saat menghadiri jamuan tersebut atau yang lebih sering disebut dengan table manner.

Table manner menjadi salah satu materi yang diajarkan dalam sekolah kepribadian. Tujuannya adalah untuk mengakrabkan hubungan kerja dengan rekan bisnis atau klien, serta mengetahui sisi lain dari dirinya. Menurut Muhammad Basrah selaku fasilitator dari sekolah pengembangan kepribadian Duta Bangsa, table manner penting diajarkan dan diterapkan semua orang terutama bagi para karyawan.

"Table manner diperlukan setiap saat agar kita tahu paling tidak cara makan ala Inggris, Amerika, Jepang, atau China seperti apa. Menurut saya, table manner adalah tingkah laku kita di atas meja baik dengan keluarga dekat maupun rekan kerja," paparnya saat berbincang dengan Wolipop di Duta Bangsa beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut pria kelahiran 1959 ini mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat makan di atas meja dengan rekan kerja tanpa harus melupakan etika makan dan berbisnis. Apa saja?

1. Ketahui Jenis Jamuan Makan
Ada berbagai aneka jamuan makan yang biasa diadakan oleh suatu perusahaan. Yakni morning coffee yang diadakan jam 10 pagi hingga 12 siang, brunch atau gabungan dari breakfast dan lunch yang dimulai dari jam 11 hingga 12, dan makan siang (lunch) pada pukul 12 siang. Setelah itu, ada pula high tea dari pukul 4 hingga 6 sore, cocktail party di pukul 6 sore hingga 8 malam, makan malam pada pukul 8 malam, dan supper di pukul 10 malam.

Aneka makanan yang disajikan juga beragam. Mulai dari buffet atau prasmanan, a la carta atau memilih menu sendiri, dan carte du jour atau menentukan menu sendiri.

2. Mengatur Posisi Duduk
Hal pertama yang dilakukan dalam table manner adalah mengatur posisi duduk. Sebaiknya duduk dengan tegak, jangan bungkuk, atau bersandar malas. Saat memegang peralatan makan, kedua siku tidak mengembang agar tidak bersentuhan dengan orang di sebelah. Saat berbicara dengan rekan kerja dan tidak sedang mengunyah makanan, siku juga tidak diletakkan di atas meja.

3. Penggunaan Peralatan Makan
Bila terdapat lebih dari satu pasang peralatan makan, gunakan terlebih dahulu yang letaknya paling jauh dari piring. Sendok, garpu, dan pisau dipegang pada ujung tangkainya dengan dijepit di antara ibu jadi dan telunjuk tangan, sedangkan ketiga jari lainnya menahan tangkai sendok di bagian bawah.

Sendok dan pisau dipegang di tangan kanan, sedangkan garpu dipegang di tangan kiri. Pisau dan garpu selalu dihadapkan ke bawah atau telungkup, kecuali menyantap nasi atau sayuran yang bentuknya kecil, garpu boleh dihadapkan ke atas.

"Apabila Anda tengah menyantap main course seperti steak dan terbiasa makan dengan tangan kiri, potong-potong steak menjadi tiga potongan kecil dengan pisau di tangan kanan. Letakkan pisau di bagian atas piring dan mulai makan dengan garpu yang dipindahkan ke tangan kanan," lanjut Basrah lagi.

Baca Juga: 50 Foto Before-After Selebriti yang Operasi Plastik

4. Pengaturan Serbet
Apabila perjamuan dilakukan di restoran, saat duduk serbet langsung diletakkan di pangkuan. Jika perjamuan diadakan di kediaman tuan rumah, tunggu nyona rumah meletakkan serbet di pangkuannya terlebih dahulu baru diikuti dengan tamu lain. Serbet hanya digunakan untuk mengusap bibir dan jari tangan serta tidak digunakan untuk membersihkan peralatan makan.

5. Saat Makan Sup
Sup disajikan sebagai menu pembuka untuk menggugah selera makan. Sup yang masih panas sebaiknya tidak dihirup atau ditiup. Jika dihidangkan dalam piring yang cekung, gunakan sendok sup dari arah dengan menuju ke bagian luar piring dan makan dari sisi samping sendok. Tetapi jika sup berisi potongan daging, masukkan sendok ke dalam mulut dimulai dari bagian ujungnya.

Tetapi jika sup dihidangkan di dalam cangkir bertelinga satu atau dua, ciduklah sup beberapa kali dengan sendok, setelah itu bisa langsung diminum. Jika sup telah habis letakkan sendok di atas piring dengan posisi telentang ke bagian kanan bawah atau mirip seperti jarum panjang di angka 4. Tetapi jika sup dihidangkan dalam cangkir, cukup letakkan sendok di atas tatakannya.

6. Saat Makan Roti
Roti disediakan sebagai pelengkap sup, biasanya berbentuk bulat atau lonjong. Untuk memakannya bisa dilakukan dengan cara menyobek kecil menggunakan jari tangan, bukan dengan pisau butter. Roti juga tidak dipotong dengan pisau atau dimakan dalam keadaan utuh. Sedangkan pisau roti berguna untuk mengoleskan butter pada potongan roti.



(itn/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177