Rabu, 05/08/2015 19:10 WIB

Lily Dawis, Pencipta Lagu Anak Asal Indonesia yang Dikenal ke Mancanegara

Kiki Oktaviani - wolipop
Lily Dawis, Pencipta Lagu Anak Asal Indonesia yang Dikenal ke Mancanegara Foto: Kiki Oktaviani/Wolipop
Jakarta - Tidak pernah terpikirkan oleh Lily Dawis untuk menjadi pencipta lagu profesional atau komposer. Ia dulunya hanya seorang ibu yang tulus bersenandung untuk anaknya di kala putrinya lahir, bisa berjalan dan momen-momen perkembangan si kecil lainnya yang diabadikan Lily lewat lagu dengan lirik sederhana hasil ciptaannya.

Sang suami selalu mengabadikan nyanyian Lily untuk putrinya itu lewat perekam suara di ponselnya. Lily dan suami lalu memiliki ide untuk membuat hak cipta atas lagu-lagu yang telah secara spontan ia senandungkan itu. Bukan untuk disebarluaskan atau komersil, Lily hanya ingin anak-anaknya kelak dapat menyimpan dan mengenang lagu kecil mereka.

Singkat cerita, wanita lulusan bisnis dari Universitas UC Berkeley, Amerika Serikat itu betul-betul niat untuk mematenkan hak cipta lagunya melalui US Copyrights Office lewat bantuan temannya yang merupakan seorang pengacara. Temannya tersebut memiliki suami seorang musisi senior yakni James F. Sundah. Hingga akhirnya mereka bertemu.

"Bung James saat itu meminta saya untuk menyanyikan lagu-lagu ciptaan saya. Setelah saya nyanyi, lalu dia bertanya kenapa saya ingin mendaftarkannya di US Copyrights Office, saya jawab 'ya, hanya untuk kepentingan pribadi saja'. Bung James lalu bilang, 'saya nggak setuju karena ini lagu yang sudah saya tunggu selama 15 tahun, lagu-lagu ini harus disebarluaskan'," ujar Lily dalam acara SK II 'Change Destiny di mal Central Park, Jakarta, Rabu (5/8/2015).

Baca Juga: 50 Inspirasi Gaya Hijab Selebgram

Lagu-lagu yang disebut Lily sebagai 'Bubbles of Love' itu memang murni tercipta dari bahasa cintanya untuk putri-putrinya. Lewat bantuan James, lagu-lagu anak yang menyenangkan karya Lily tersebut akhirnya dipasarkan dan kini menjadi salah satu lagu anak yang cukup populer di Indonesia, bahkan hingga mancanegara.

"Di tahun 2010, ke-14 lagu 'Bubbles of Love' yang saya daftarkan di Amerika itu, semuanya berhasil terdafatr dan menjadi satu-satunya yang semuanya bisa terdaftar," kata ibu tiga anak itu.

Lily tak menyangka kini album bertajuk 'Bubbles of Love' itu tidak hanya diperdengarkan di rumah-rumah, tapi juga di sekolah, bahkan lagunya sudah sampai ke belahan dunia lainnya.

"Lagu saya sudah di download di Amerika, Inggris, Israel, Malaysia, Jepang, Korea dan lainnya," terang Lily yang menciptakan 12 lagu berbahasa Inggris dan dua bahasa Indonesia dalam album Bubbles of Love tersebut.

(kik/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com