Rabu, 13/05/2015 19:06 WIB

Ketiak Hitam Bikin Tak PD? Atasi dengan Cara Ini

Hestianingsih - wolipop
Ketiak Hitam Bikin Tak PD? Atasi dengan Cara Ini Dok. Thinkstock
Jakarta - Wanita seringkali dibuat tidak percaya diri dengan warna kulit ketiak, lipatan paha dan bikini line yang hitam. Penyebabnya bisa karena berbagai faktor. Bisa karena obesitas, iritasi kulit, produksi keringat berlebihan, hormon tidak seimbang hingga gangguan kesehatan seperti diabetes mellitus.

Penyebab paling umum ketiak dan area-area lipatan tubuh menghitam adalah terjadinya gesekan antara kulit terus menerus atau pakaian dengan kulit. Akibat gesekan tersebut kulit menjadi kering, terkikis, iritasi dan akhirnya terjadi hiperpigmentasi.

"Terjadinya iritasi kulit kronis mengakibatkan hiperpigmentasi yaitu kulit yang menghitam," tutur dokter kulit Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK, saat acara Satto Whitening C-Scrub di Midori Japanese Restaurant, Jl. KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Rabu (13/5/2015).

Kondisi ini kerap disebut dengan 'dark shadow' dan umumnya banyak terlihat pada lipatan ketiak, bokong, leher, siku tangan dan kaki serta daerah seputar Miss V. Selain karena masalah obesitas dan medis, dark shadow bisa diatasi dengan beberapa cara.

Kardiana menyarankan untuk scrubbing secara rutin. Scrubbing membantu mengelupaskan sel kulit mati penyebab warna kulit menghitam. Selain itu juga menghaluskan dan membuatnya lebih cerah.

"Melakukan scrubbing atau menggunakan masker kulit serta produk pencerah mengandung vitamin C, E dan AHA," terang dokter lulusan Universitas Diponegoro ini.

Scrubbing sebaiknya dilakukan maksimal dua hingga tiga kali seminggu. Setelah warnanya lebih cerah, frekuensi bisa dikurangi menjadi hanya satu kali seminggu. Pilih scrub yang berbentuk krim atau berbasis minyak, lalu gosokkan di area yang hitam dengan gerakan memutar dan dipijat ringan.

Selain itu juga jangan sampai terlewat menggunakan pelembab untuk terhindar dari kekeringan. "Saat pakai pelembab kulit jadi lebih baik teksturnya. Tidak kering jadi kemungkinan iritasi dan hiperpigmentasi lebih kecil," jelasnya.

Scrubbing juga harus dibarengi dengan kebiasaan yang baik. Setiap selesai beraktivitas, kulit harus dibersihkan dari sisa-sisa deodoran, bedak atau riasan agar sel kulit mati tidak menumpuk dan menimbulkan warna yang kusam.

Perawatan dari dalam juga perlu dilakukan. Hindari minum minuman beralkohol terlalu banyak, stop merokok, gunakan sunscreen dan yang terpenting adalah cukupi kebutuhan tidur berkualitas agar proses regenerasi kulit di malam hari maksimal.


(hst/int)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177