Jumat, 21/02/2014 10:36 WIB

Liputan Khusus Gagal Operasi Plastik

Sebelum Operasi Plastik Ini Efek Samping yang Perlu Dikhawatirkan

Arina Yulistara - wolipop

img
ist.
Jakarta - Banyak wanita melakukan cara instan seperti operasi plastik atau injeksi kecantikan demi tampil sempurna. Tidak semua operasi yang dilakukan berjalan lancar. Beberapa wanita mengalami beragam masalah setelah operasi yang kalau dibiarkan bisa berbahaya. Ada berbagai tanda yang perlu dikhawatirkan pasca operasi.

Menurut dokter bedah plastik, Enrina Diah, Sp.BP-RE, reaksi bisa dilihat berdasarkan operasi apa yang dilakukan. Kegagalan operasi juga hanya bisa diketahui oleh dokter bedah plastik. Umumnya setelah melakukan operasi plastik, pasien akan datang kembali untuk kontrol setelah tiga hari. Setelah satu minggu, jahitan akan diangkat dan dilihat perkembangannya selama satu bulan.

Biasanya pasien yang operasinya berhasil sudah tidak merasakan reaksi apa pun setelah satu bulan. Namun tidak semua pasien memiliki kondisi yang sama, perkembangan pun dilihat hingga tiga bulan untuk menentukan bagus tidaknya hasil operasi. Dokter Eddy Karta, SpKK, pun menambahkan, tidak semua operasi memiliki dampak sama.

"Umumnya hasil menjadi bagus sampai 3 bulan. Untuk tindakan yang menggunakan material misalnya filler atau benang maka kegagalan langsung dapat diketahui sesudah tindakan. Untuk filler dengan material yang tidak aman misalnya silikon cair reaksi penolakan tubuh yang membentuk jaringan granuloma sehingga terlihat bengkak-bengkak dan merah tidak rata tidak langsung terlihat, bisa beberapa bulan bahkan tahun kemudian," ungkap Eddy kepada Wolipop, Kamis (20/2/2014).

Efek samping dari setiap tindakan operasi berbeda-beda. Dokter Enrina juga menuturkan untuk mewaspadai tanda kemerahan setelah melakukan konstruksi pada hidung. Jika ujung hidung mengalami merah berkepanjang itu merupakan tanda bermasalah. Segera periksa ke dokter yang melakukan operasi agar cepat ditindaklanjuti.

Tidak hanya hidung, Anda juga perlu memperhatikan efek samping setelah implan payudara. Jika payudara merasa keras, nyeri, mengalami komplikasi, hingga adanya pendarahan juga harus segera diatasi. Itu tanda ada masalah dari operasi yang dilakukan.

"Itu harus segera ditindak karena berarti ada masalah. Bahkan ada pasien saya dia implan di Singapura bayar ratusan juta padahal baru pasang enam bulan, dia merasa keras, akhirnya harus dioperasi lagi, dibuang, diganti yang baru," tambah wanita lulusan Universitas Indonesia itu.

Dr Enrina menyarankan agar menyadari 'tanda bahaya' sejak dini pasca operasi kecuali bila itu merupakan efek penyembuhan. Biasanya bila hanya bengkak itu adalah efek normal pasca operasi.
(aln/kik)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com