Selasa, 07/01/2014 17:15 WIB

4 Dampak Negatif Social Media Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Kiki Oktaviani - wolipop

img
dok. Thinkstock
Jakarta - Hampir semua orang saat ini memiliki media sosial. Path, Twitter, Instagram dan Facebook pun menjadi sarana untuk bertemu teman lama dan sebagai ajang eksistensi diri.

Meski social media sangat seru untuk diikuti, namun di balik itu terdapat dampak negatif bagi kesehatan dan juga kecantikan kulit. Berikut ini beberapa dampak buruk social media, seperti dikutip Cosmopolitan Amerika.

1. Penuaan Dini
Di era media sosial saat ini membuat orang betah menatap layar ponsel, tablet atau laptop. Tanpa disadari, dahi mengernyit ketika sedang menatap layar. Sikap tersebutlah yang memicu kerutan di sekitar tahi dan kulit mata. "Untuk meminimalisir efek buruk pada kulit, istirahatkan diri dan gunakan krim mata," ujar Dr. Josie Howard, M.D, psikoterpais di San Francisco.

2. Selfie Memberikan Dampak Negatif untuk Psikis
Selfie atau memotret diri sendiri lewat kamera ponsel kemudian diposting di social media belakangan tengah menjadi tren. Meski begitu, selfie memberikan dampak positif dan negatif. Untuk banyak wanita, mereka menunjukkan sisi empowerment karena percaya diri menunjukkan ekspresi diri. Namun, bagi sebagian wanita, selfie membuat kecemburuan, timbulnya rasa iri dengan penampilan orang lain.

3. Jerawat
Ponsel menyimpan ribuan, bahkan jutaan bakteri yang berasal dari tangan kita sendiri. Saat tangan menyentuh tombol atau layar ponsel, berbagai kotoran, minyak atau bakteri dapat berpindah dari tangan ke ponsel. Ponsel yang telah terkena kotoran dan bakteri kemudian menempel di wajah saat Anda berbicara di telepon. Hasilnya, jerawat dan komedo pun bermunculan karena kotoran yang menyumbat pori.

4. Sulit Tidur
Melihat ponsel, tablet, komputer atau apapun yang menimbulkan cahaya sebelum tidur akan berdampak pada gangguan tidur. Ketika kamar sudah gelap dan masih menatap layar ponsel, maka mata bisa mengalami gangguan. Selain itu, otak dipaksa bekerja dan akan sulit untuknya mendapatkan relaksasi.


(kik/fer)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com