Senin, 30/12/2013 07:19 WIB

Tresna Art, Pusatnya Belanja Batik Gentongan Khas Madura yang Unik

Hestianingsih - wolipop

Halaman 1 dari 2
img
Foto: Hestianingsih/Wolipop
Jakarta - Selain sate dan Karapan Sapi-nya, Madura juga dikenal sebagai pulau penghasil batik tulis, terutama Batik Gentongan. Berbeda dengan batik Jawa pada umumnya, proses pembuatannya memerlukan waktu yang lama, hingga berbulan-bulan bahkan tahunan.

Kenapa dinamakan Gentongan? Sebab untuk mendapatkan warna yang diinginkan, kain-kain batik harus direndam di dalam gentong dan ditempatkan di kamar yang kedap cahaya. Warnanya didominasi merah dan hitam, yang berasal dari pewarnaan alami, umumnya menggunakan warna dari daun jati dan daun jambu. Uniknya, batik gentongan hanya diproduksi di desa Tanjungbumi, Kota Bangkalan, Madura, Jawa Timur, dan Anda tidak akan menemukannya di tempat lain.

Menyusuri Bangkalan, Anda akan melihat deretan toko serta rumah yang menjajakan berbagai batik tulis gentongan mulai dari masih berupa kain hingga busana seperti blouse dan kemeja. Ada satu galeri yang cukup terkenal di daerah ini dan bisa dibilang 'tempat wajib' jika ingin membeli atau sekadar melihat-lihat batik tulis Madura. Berlokasi di Jalan KH. Moh. Kholil, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, galeri tersebut bernama Tresna Art.

Tidak sulit menemukan galeri ini. Selain plang nama berwarna merah yang lumayan menarik mata, tulisan Tresna Art juga menghiasi gapura di gerbang masuk sebuah pemukiman. Berjalan masuk sedikit dari gapura, Anda akan kembali disambut dengan tulisan 'Tresna Art' berukuran besar yang memenuhi satu sisi dinding.

Galeri yang sudah puluhan tahun berdiri ini mengadaptasi rumah khas Madura sehingga kental dengan nuansa etnik. Di dalam sinilah pengunjung akan menemukan berbagai motif dan warna batik tulis khas Madura yang rata-rata berwarna pekat dan bernuansa alam, serta motif yang kebanyakan bergambar hewan dan bunga.

"Masyarakat Madura suka warna berani. Untuk (batik) Madura sendiri pewarnaannya lebih ke merah, hijau, cokelat kemerahan. Lebih ke warna alam. Warna merah didapat dari daun jati," ujar Silo, salah satu penunggu toko yang juga sahabat dari sang pemilik galeri yang bernama Supi Amin, saat Wolipop berkunjung ke Tresna Art, Minggu (29/12/2013).

Galeri ini menjual berbagai batik tulis berupa kain dan busana jadi. Untuk kain batik, dijual mulai dari harga Rp 180 ribu hingga Rp 3 jutaan. Sedangkan batik yang sudah berupa busana seperti kemeja, blouse wanita dan mini dress dijual mulai dari Rp 325 ribu sampai Rp 600 ribuan.Next

Halaman 1 2
Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(hst/kik)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com