Minggu, 22/12/2013 14:28 WIB

Hiii.. Di China Ada Tradisi 'Pernikahan Hantu'

Dona Rema - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Di China ada tradisi pernikahan yang aneh tapi nyata. Tradisi yang dimaksud yaitu 'pernikahan hantu'. Hiii...

Seperti dikutip dari Huffington Post, masyarakat di negara panda itu memang memiliki kepercayaan bahwa jika seorang pria meninggal dalam keadaan masih lajang, maka selamanya dia akan menghantui keluarganya yang masih hidup untuk meminta pasangan agar di akhirat tidak sendiri dan kesepian. Menurut para keluarga, hal ini terjadi karena dianggap arwah penasaran sang anak seolah-olah menyalahkan pihak keluarga karena tak mencarikan jodoh sebelum kematiannya.

Jadi untuk bisa 'membebaskan' rasa penasaran arwahnya itu, maka pihak keluarga harus mencarikan arwah wanita untuk dinikahkan dengannya. Pernikahan hantu itu pun dilaksanakan dengan upacara dan acara resepsi yang sama dengan pernikahan manusia pada umumnya. Lantas, apa bedanya?

Yang membedakannya yaitu bahwa pengantin yang hadir hanya jasad si mempelai wanita. Para tamu undangan pun memberikan semacam angpao untuk keluarga mempelai wanita ini. Sedangkan keluarga pria, juga turut memberikan beberapa hadiah kepada keluarga mempelai wanita.

Di tahun 1949, pernikahan hantu ini akhirnya dilarang karena merupakan salah satu tradisi China yang sudah tidak relevan lagi dengan perkembangan zaman. Para keluarga yang masih memegang teguh tradisi itu juga akhirnya mengganti jasad wanita yang mereka perlukan dengan boneka yang terbuat dari tepung gandum. Boneka itu juga didandani seperti pengantin wanita yang memakai gaun pengantin adat China.

Meskipun demikian, tak semua rakyat China mematuhi larangan itu. Masih ada banyak warga China di beberapa pedesaan yang justru memilih untuk membeli jasad wanita di pasar gelap seharga US$ 4.000 atau sekitar Rp 49 jutaan. Bisnis ilegal ini akhirnya berkembang pesat. Bahkan para keluarga bisa menyewa mak comblang untuk memilihkan jasad wanita yang tepat untuk almarhum putra mereka.

Di awal tahun 2013, pengadilan China telah menjatuhkan hukuman dua tahun penjara kepada dua orang pria karena telah menggali 10 kuburan mayat wanita. Mereka pun menjualnya seharga $ 39.000 atau sekitar Rp 479 jutaan. Benar-benar mengerikan!

Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(rma/rma)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com