Rabu, 27/11/2013 16:09 WIB

Abs Challenge, Tantangan Perut Rata dalam 30 Hari Jadi Tren di Instagram

Hestianingsih - wolipop
Abs Challenge, Tantangan Perut Rata dalam 30 Hari Jadi Tren di Instagram Dok. Instagram
Jakarta - Perut buncit jadi rata dan seksi hanya dalam 30 hari? Bukan hal mustahil. Ikut saja tantangan ini, yaitu abs challenge. Tren yang sedang marak di social media, terutama Instagram dengan hashtag #abschallenge ini merupakan bentuk tantangan untuk melakukan latihan yang bisa merampingkan perut.

Per tanggal 27 November 2013, tercatat sudah ada 3.402 postingan Instagram dengan tagar #abschallenge. Rata-rata dari mereka memperlihatkan tampilan perut sebelum dan setelah mengikuti tantangan ini. Beberapa foto menampakkan perbedaan yang cukup signifikan. Dari perut bagian bawah yang tampak buncit dan kendur, menjadi lebih rata bahkan hampir membentuk six pack.

Bagaimana tantangan ini harus diikuti? Dalam 30 hari, Anda harus rutin melakukan latihan sit-up, crunch, leg raise (berbaring sambil mengangkat kedua kaki 30 derajat) dan planking. Intensitas dan frekuensi latihan terus bertambah dari hari ke hari. Dimulai dengan 15 kali sit-up, 5 kali crunch, 5 kali leg raise dan 10 kali planking di hari pertama. Kemudian bertambah jadi 20 sit-up, 8 crunch, 8 leg raise dan 12 planking di hari kedua, dan seterusnya. Setiap tiga hari, Anda boleh beristirahat selama satu hari.‭

Dengan penambahan frekuensi yang bertahap dan sedikit demi sedikit, latihan jadi lebih ringan hingga tidak terasa Anda telah melakukan 125 kali sit-up, 200 kali crunch, 65 kali leg raise dan 120 kali planking di hari ke-30. Dari beberapa postingan di Instagram, terlihat perbedaan yang cukup nyata yang diperlihatkan para pelaku tantangan.

"My goaal!! just did a crazy 30days ab challenge, feeling good and see results!! woop wooppp," tulis pemilik akun Instagram lauralalilulelo.

Ada pula yang sudah menunjukkan hasil signifikan hanya dalam 10 hari, meskipun belum maksimal. Pemilik akun jesslaforgia menunjukkan foto 'before' perutnya yang tampak membuncit di bagian tengah, namun setelah 10 hari jadi tampak lebih rata.

"Yes! Halfway through my ab challenge :D Day 15 of 30 day ab challenge :)" tulis akun lainnya yang pamer perut ratanya secara selfie lewat cermin.

Crunch, sit-up, leg raise dan planking merupakan jenis latihan yang fokus pada pergerakan di otot perut. Membuat otot perut berkontraksi sehingga lebih kencang dan terbentuk sempurna. Tapi latihan ini hanya melatih bagian perut, jadi lebih cocok bagi mereka yang memang hanya ingin merampingkan perut saja. Sementara jika ingin pelangsingan tubuh secara menyeluruh, kombinasi dengan latihan lainnya diperlukan. Misalnya dengan latihan cardio, weight training atau latihan fleksibilitas.

Agar hasilnya optimal, melakukan latihan ini pun perlu ada aturannya. Salah satunya menjadikan abs challenge sebagai prioritas karena latihan ini membutuhkan cukup banyak tenaga dan konsistensi tinggi.

"Banyak orang yang melatih otot perut mereka justru di akhir sesi latihan, padahal justru saat itulah keadaan Anda paling lelah dan kehabisan waktu," ujar pakar fitnes dan kesehatan Rachel Cosgrove, seperti dikutip dari Women's Health Mag.

Ia menambahkan, "Anda harus melakukannya lebih dulu, baru ganti ke cardio. Untuk membuat perut terlihat bagus, Anda harus menjadikannya prioritas."

Jadi, sudah siap melakukan abs challenge dan pamer perut indah Anda?

(hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com