Kamis, 05/09/2013 13:40 WIB

Buah dan Sayur yang Bisa Menyehatkan Jantung

Hestianingsih - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Mau punya jantung sehat? Makanlah sayur dan buah beraneka warna. Mulai dari semangka sampai nanas, setiap sayuran dan buah berwarna menyimpan varian nutrisi yang bisa menyehatkan dan mencegah gangguan jantung. Merah, kuning, hijau, oranye, ini manfaat pigmen warna pada makanan segar bagi jantung Anda, seperti dikutip dari Women's Health Mag.

1. Kuning
Satu cangkir nanas bisa memenuhi lebih dari 100 persen kebutuhan harian Anda akan vitamin C, yang dibutuhkan jantung untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul dari lingkungan luar yang bisa merusak sel tubuh. Selain nanas, makanan berwarna kuning lainnya adalah jagung. Meskipun bukan termasuk sayuran atau sayur, jagung juga memiliki antioksidan lutein dan zeaxanthin yang mencegah penebalan arteri; penyebab utama terjadinya penyakit jantung.

2. Hijau
Penelitian menunjukkan bahwa makan bayam yang tinggi kandungan nitrat bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan fungsi jantung pada wanita. Sementara kangkung, mengandung antioksidan yang berkhasiat menjaga kesehatan jantung. Bayam dan kangkung sebaiknya dikonsumsi setelah dimasak terlebih dahulu untuk menambah khasiatnya.

3. Biru/Ungu
Berdasarkan penelitian terbaru, mengonsumsi 3 porsi atau lebih buah berry (anggur, blueberry, cherry) bisa membantu mengurangi risiko serangan jantung pada wanita usia 30, 40 dan 50an tahun. Hal itu karena kandungan tinggi antioksidan yang terdapat di dalamnya.

4. Merah
Semangka dan tomat adalah sumber terbaik lycopene, antioksidan aktif yang bekerja menetralisir radikal bebas yang berbahaya di dalam aliran darah. Salah satu studi menemukan bahwa orang yang kandungan lycopene di dalam aliran darahnya tinggi, 55 persen berisiko lebih kecil terkena stroke ketimbang yang lycopene-nya rendah.

5. Oranye
Jeruk dan jenis buah citrus lainnya memang lebih dikenal kaya kandungan vitamin C. Tapi jeruk juga memiliki banyak serat; sekitar 3 gram dalam satu butirnya. Serat bisa membantu turunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam darah. Sementara itu, paprika berwarna oranye kaya akan potassium, yaitu jenis mineral yang bisa mengatur tekanan darah agar lebih stabil.

(hst/aln)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com