Sabtu, 31/08/2013 13:04 WIB

Cara Mengurangi Keringat yang Berlebihan

Ayusha Laksmi - wolipop
Cara Mengurangi Keringat yang Berlebihan dok. Thinkstock
Jakarta - Apakah Anda pernah menghindari berjabat tangan dengan orang lain karena tangan Anda berkeringat ? Atau apakah kaki Anda mengeluarkan banyak keringat seingga kaus kaki dan sepatu yang Anda pakai selalu bau?

Bila Anda mengalaminya, mungkin saja Anda menderita hyperhidrosis atau kelainan yang menyebabkan produksi keringat berlebih. Namun meskipun tidak menderita penyakit tersebut, keringat berlebih akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan minder karena keringat dapat membuat tubuh Anda basah dan bau. Beberapa tips dibawah ini dapat berguna untuk mengurangi keringat berlebih di tubuh, seperti dirangkum dari Wiki How.

1. Gunakan Deodoran
Pilih deodoran yang berlabel antiperspirant. Karena deodoran tanpa antiperspirant hanya akan menutup bau yang dihasilkan keringat namun tidak mengurangi jumlah keringatnya.

Cari yang mengandung formula 'clinical strenght' karena akan lebih efektif mengurangi produksi keringat. Jika kaki Anda yang sering berkeringat, gunakan antiperspirant berbentuk spray dan semprotkan di bagian kaki dan sela-sela jari.

2. Gunakan Pakaian yang Tepat
Gunakan baju yang dapat menyerap keringat dengan baik, seperi busana dari bahan katun. Anda juga bisa memilih baju yang longgar dan terbuat dari linen.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan baju dalam untuk menyerap keringat seperti kamisol. Memilih warna yang tepat juga pentng. Bila Anda mengenakan baju berwarna putih, bekas keringat akan lebih terlihat. Sebaiknya pilih baju berwarna gelap atau bermotif.

Jika cuaca sedang panas dan Anda berencana untuk berkegiatan di luar ruangan, jangan lupa untuk siapkan baju ganti. Ganti baju saat badan terasa mulai basah, jangan lupa untuk mengelap keringat sebelumnya.

3. Pilih Sepatu yang Tepat
Untuk kaki yang berkeringat, pilih sepatu yang memungkinkan kaki untuk bernafas. Sepatu yang berbahan kulit asli atau bahan natural lainnya bisa mengurangi pembentukan keringat pada kaki. Bila memungkinkan, sebisa mungkin gunakan sandal agar kaki Anda dapat bernafas.

4. Mengubah Lifestyle
Perpaduan makanan pedas dan bawang tidak dianjurkan. Makanan yang mengandung cabai akan membuat keringat Anda semakin banyak, sedangkan bawang-bawangan akan membuat keringat Anda berbau tidak sedap.

Berat badan juga dapat mempengaruhi produksi keringat. Bila Anda merasa berat badan Anda berlebih lebih baik turunkan berat badan karena semakin berat maka akan semakin mudah Anda berkeringat. Yang terpenting selalu jaga kebersihan tubuh dengan rutin mandi dua kali sehari dan sering mengganti baju. Saat mandi, Anda juga bisa menambahkan aromaterapi yang dapat membuat Anda lebih harum.

5. Minta Bantuan Medis
Bila keringat Anda sudah berlebih dan tidak terkontrol, sebaiknya Anda berkunjung ke dokter untuk meminta bantuan. Dokter akan mengambil sampel darah untuk melihat apakah ada kelainan di tubuh Anda.

(kik/kik)




Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com