Jumat, 30/08/2013 08:28 WIB

Liputan Khusus Diet Corbuzier

Mau Berat Badan Turun 4 Kg Seminggu? Ini Aturan Diet Deddy Corbuzier

Arina Yulistara - wolipop

img
Foto: Dok. Pribadi Deddy Corbuzier
Jakarta - Obsessive Corbuzier's Diet (OCD) merupakan program diet yang dikenalkan oleh sang mentalist ternama Indonesia, Deddy Corbuzier. Diet OCD bisa menurunkan berat badan hingga empat kilogram dalam seminggu. Bagaimana caranya?

Deddy menjelaskan, diet OCD sama saja berpuasa. Bedanya OCD bukan puasa untuk mendapat pahala tapi dalam program penurunan berat badan. Pria 36 tahun itu menuturkan bahwa OCD akan memangkas timbunan lemak serta bisa menurunkan berat badan Anda dengan cepat. Ia juga menjamin bahwa OCD dapat membuat berat turun sampai 5 kg jika Anda obesitas.

"Dengan OCD sebulan minimal 5 sampai 6 kg hilang. Bahkan seminggu bisa 4 kg hilang, langsung efeknya," ujar Deddy saat berbincang-bincang dengan wolipop di Hanggar, Pancoran Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2013).

Untuk mendapatkan hasil tersebut, Anda perlu melakukannya secara bertahap atau mengikuti 'jendela makan' seperti yang ditulis Deddy dalam bukunya. Jendela makan adalah waktu Anda bisa menyantap makanan. Diet OCD memiliki empat tingkat, puasa 16 jam, 18 jam, 20 jam, hingga akhirnya sehari cuma satu kali.

Anda bisa memulai dengan puasa 16 jam atau hanya boleh makan selama 8 jam per hari. Berbeda dengan puasa Ramadhan, puasa OCD masih diizinkan minum air putih tapi tidak susu atau minuman manis lainnya. Anda juga bisa menentukan waktu sendiri untuk memulai OCD tapi hindari sarapan pagi. Setidaknya 3 jam setelah bangun tidur baru menyantap makanan.

Mungkin bila diet umumnya harus mengurangi makan nasi putih atau gorengan, khusus OCD bebas makan apa saja. Anda juga tidak perlu mengubah asupan makan ketika melakukan diet OCD. Anda boleh makan apa pun termasuk makanan berlemak sesuai selera. Akan tetapi, Deddy menyarankan agar tidak rakus.

"Saya mengatakan bahwa makanlah apa yang biasa Anda makan. Jadi kalau biasanya Anda makan nasi rames gara-gara OCD, Anda makan junk food. Jangan malah makin gila. Kalau biasanya makan junk food ya silakan makan junk food. Jadi jangan mengubah pola makan," tutur pembawa acara Hitam-Putih di Trans 7 itu.

Setelah Anda berhasil melakukan puasa 16 jam selama satu minggu, tubuh akan beradaptasi. Tambahkan tingkatnya dengan makan hanya 6 jam sehari. Jadi Anda berpuasa selama 18 jam. Lakukan selama satu minggu. Kemudian pada minggu ketiga Anda bisa meningkatkan puasa selama 20 jam yang artinya hanya makan 4 jam per hari.

Setelah itu, coba di minggu keempat puasa 24 jam satu kali dalam seminggu. Sebagai contoh, jika Anda makan hari Senin pukul 10 pagi, baru bisa menyantap makanan berikutnya, Selasa di waktu yang sama. Anda bisa kombinasikan puasa 24 jam itu dengan puasa OCD yang makan hanya empat jam. Menurut pria 36 tahun itu, OCD sangat membantu dalam memangkas timbunan lemak. Setelah lemak terpangkas, berat Anda akan stabil sesuai porsinya.

"Jadi saya bisa naik-turun (berat badan) misalnya dari 80 kg ke 70 kg, naik lagi ke 75 kg, tapi dari 70 ke 75 kadar lemak saya turun 4%. Kadar lemak saya dulu 22% saat ini 8,4% selama hampir 3 bulan. Beratnya sekarang 72 kg," ujarnya kemudian.

Deddy pun menyarankan, untuk pemula yang baru melakukan OCD, coba mulai makan jam 12 sampai 7 malam. Jam 12 merupakan waktu terbaik menyantap makanan. Lakukan secara konsisten bila ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

"Saya menyarankan baru makan setelah jam 12 siang. Sarapan hanya menambah insulin yang buat Anda mengantuk. Coba jam 12 sampai jam 7. Saya jamin 100% berat Anda turun dalam seminggu kalau Anda obesitas. Kalau nggak obesitas bisa 4 kg turunnya. Saya jamin," tambah penulis e-book 'OCD' itu.

(aln/eny)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


info sale