Jumat, 30/08/2013 07:29 WIB

Urutan yang Tepat dalam Menggunakan Make-up

Kiki Oktaviani - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Meski setiap hari menggunakan make-up, tapi tidak semua wanita mengaplikasikannya dengan tepat. Cristina Bartolucci, Creative Director dari brand kosmetik NYX memberikan tips menyatukan make-up di wajah dengan urutan-urutan yang tepat. Ini dia langkah-langkahnya, seperti dirangkum Beauty High.

1. Primer atau Moisturizer
Meski belum populer, namun sudah banyak yang tahu kelebihan menggunakan produk primer. Primer membuat make-up lebih tahan lama dan memberikan tampilan pori-pori yang lebih kecil. Tapi Cristina menyarankan agar tidak menggabung pemakaian primer dan moisturiese.

"Pilih satu, jangan keduanya. Moisturizer, selembut apapun teksturnya akan mengganggu fungsinya bila digunakan bersamaan dengan primer," ujar Cristina. Jangan lupa menggunakan sunblock. Sunblock lebih mudah menyatu dengan primer, moisturizer atau foundation.

2. Foundation
Ada wanita atau make-up artist yang menyarankan untuk menggunakan make-up mata lebih dulu, baru foundation, agar serpihan eyeshadow yang jatuh lebih mudah dibersihkan. Tapi Cristina tidak menyarankan cara tersebut. "Saat produk jatuh di kulit yang polos tanpa foundation, maka akan lebih sulit dihilangkan. Lebih baik membuat lapisan di wajah dengan foundation lalu bersihkan kekurangan," tambahnya.

3. Concealer
Tidak perlu menggunakan concealer bila tidak memiliki noda di wajah. Cristina menganjurkan hanya mengenakan concealer tepat pada noda wajah atau bawah mata yang hitam saja. Gunakan concealer setelah menggunakan foundation.

4. Bedak
Pilih bedak translucent atau bedak tekstur bubuk dengan partikel yang halus. Formulanya mampu menyerap minyak dan menghilangkan sisa-sisa eyeshadow yang jatuh di wajah.

5. Mata dan Bibir
"Aku suka mencampur keduanya. Kadang setelah make-up wajah, aku menggunakan make-up mata dulu, tapi sering juga memulainya dengan lipstik karena masih memikirkan make-up untuk mata," kata Cristina.

Mata: Gunakan eyeshadow, eyeliner dan maskara. Lalu Anda bisa kembali ke tahap awal untuk memberikan layer pada eyeshadow atau merapikan eyeliner dan maskara.

Bibir: Gunakan lip balm, lip liner, lipstik dan lipgloss. Setelah menggunakan lip liner, baurkan dengan jari agar hasilnya tidak kaku, baru menggunakan lipstik.

6. Blush On
Cristina menyarankan menggunakan blush on terakhir. Alasannya untuk menyesuaikan warna blush on dengan riasan mata atau bibir. Alasan kedua agar blush on bisa disapukan ke seluruh wajah untuk mengeluarkan warna.

(kik/eny)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com