Senin, 08/07/2013 08:01 WIB

Hal-hal Penting yang Perlu Didiskusikan dengan Pasangan Sebelum Menikah

Arina Yulistara - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Apa Anda sudah berencana menikah dalam waktu dekat? Sebelum melangkah ke pernikahan ada beberapa topik yang penting didiskusikan dengan pasangan sebelum menikah. Perihal tersebut tentu akan mempengaruhi pernikahan Anda kedepannya. Oleh karena itu, cari waktu yang tenang berdua pasangan untuk mendiskusikan hal tersebut. Berikut uraiannya yang dirangkum dari iDiva.

1. Uang
Anda perlu membahas mengenai pengaturan keuangan rumah tangga kalian. Jika sama-sama bekerja maka atur persentase pembagian keuangan dari penghasilan. Tentukan juga apa akan membuat rekening bersama atau tidak. Ini penting diatur sejak dini untuk memudahkan langkah Anda kedepannya.

2. Anak
Anda dan pasangan perlu mendiskusikan mengenai anak sebelum menikah. Berapa keturunan yang Anda dan pasangan harapkan? Pikirkan pula pembagian tugas dalam mengasuh anak. Ini penting didiskusikan sebelum menikah supaya tidak menjadi pertengkaran lagi di kemudian hari.

3. Kesamaan harapan
Bagaimana mengenai harapan Anda dan pasangan? Apa sudah satu prinsip yang sama? Anda perlu mengutarakan semua harapan yang diinginkan kepada pasangan, mengenai apa pun. Begitu juga sebaliknya. Hal ini perlu dibicarakan supaya tidak banyak cekcok lagi setelah menikah.

4. Kehidupan sosial
Mungkin Anda atau pasangan merupakan seseorang yang sangat mementingkan kehidupan sosial. Bila demikian, Anda perlu berdiskusi bersama pasangan sebelum menikah. Saling mengingatkan setelah menikah, keluarga adalah prioritas utama.

5. Karier
Karier juga penting didiskusikan sebelum menikah. Terkadang karier menjadi masalah dalam rumah tangga karena belum ada pembicaraan sebelumnya. Ada pria yang tidak mengizinkan pasangannya bekerja setelah menikah padahal Anda sedang berada di puncak karier dan tidak ingin keluar dari pekerjaan saat ini. Sebaiknya bicarakan hal tersebut untuk menjaga hubungan kedepannya.

6. Pembagian tugas rumah tangga
Pembagian tugas rumah tangga perlu dibicarakan sejak awal. Anda dapat mendiskusikannya sebelum menikah secara rinci. Ungkapkan semua yang Anda inginkan kepada pasangan. Bila pasangan menolak, dengarkan pembicaraannya. Kemudian cari jalan terbaik agar tidak sama-sama terpaksa melakukannya saat berumah tangga.

7. Me time
Setiap orang butuh 'me time' untuk menyegarkan pikirannya. Saling memberitahu mengenai hobi atau hal-hal yang ingin dilakukan sendirian tanpa pasangan. Meskipun sudah berkeluarga me time penting yang akan berdampak baik pada pernikahan Anda.

(aln/eny)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com