Selasa, 02/07/2013 19:01 WIB

Cara Aman Menggunakan Make-up Saat Kulit Berjerawat

Kiki Oktaviani - wolipop

img
dok. Thinkstock
Jakarta - Salah satu faktor penyebab jerawat adalah make-up, tapi bukan berarti Anda tidak bisa lagi menggunakan kosmetik. Dengan memilih kosmetik yang tepat, maka Anda tetap bisa merias wajah meski jerawat sedang meradang. Berikut ini tips berdandan ketika kulit berjerawat.

1. Rajin Membersihkan Spons Make-up
Kulit yang berjerawat lebih sensitif terhadap bakteri. Salah satu penyumbang bakteri adalah dari spons dan brush make-up. Untuk menghindari jerawat semakin parah, cucilah aplikator kosmetik minimal satu bulan sekali, jika perlu seminggu sekali.

2. Kandungan Kosmetik
Pilihlah kosmetik yang aman. Tahu dari mana kosmetik tersebut aman bagi kulit berjerawat? Lihat pada labelnya. Jika produk tersebut berlabel 'oil-free' dan 'non-comedogenic' maka kosmetik tersebut cocok untuk kulit jerawat. Label tersebut artinya tidak mengandung minyak dan tidak membuat kulit berkomedo, yang dapat menimbulkan jerawat.

3. Memilih Pelembab
Selain memilih pelembab dengan label 'oil-free' dan 'non-comedogenic', Anda juga perlu memilih teksturnya. Pelembab berbentuk lotion biasanya lebih cocok untuk kulit berminyak dibandingkan krim. Pelembab berbahan dasar air seperti gel juga sesuai untuk merawat kulit berminyak. Untuk sunblock, jangan pilih SPF terlalu tinggi. Semakin tinggi kandungan SPF, akan semakin banyak pula minyak yang terkandung. Cukup gunakan krim tabir surya dengan SPF paling tinggi maksimal 30.

4. Mineral Make-up
Mineral make-up aman bagi kulit sensitif, termasuk kulit yang berjerawat. Selain kecil kemungkinannya iritasi, mineral make-up juga tidak menimbulkan komedo.

5. Foundation & Bedak
Pilih foundation bentuk cair dan bedak tabur untuk rias wajah. Hindari bedak two-way cake karena bisa menyumbat pori dan membuat kulit lebih berminyak.

6. Sabun Wajah
Jika kosmetiknya sudah tepat, maka wajah tetap harus rajin dibersihkan. Pilihlah sabun wajah yang tepat. Gunakan sabun yang mengandung surfactant. Kandungan tersebut dapat menghilangkan sebum (minyak alami kulit) yang berlebih. Kandungan lainnya adalah synthetic detergen yang diperkaya dengan komponen minyak sehingga dapat mempertahankan keseimbangan fisiologis dari permukaan kulit.

(kik/kik)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com