Senin, 01/07/2013 15:01 WIB

19 Pemadam Kebakaran Tewas, Obama: Mereka Pahlawan

Novi Christiastuti Adiputri - wolipop

19 Pemadam Kebakaran Tewas, Obama: Mereka Pahlawan
Barack Obama (Reuters)
Washington - Presiden Amerika Serikat Barack Obama memuji 19 petugas pemadam kebakaran yang tewas dalam tugas. Obama menyebut mereka yang tewas saat memadamkan kebakaran hutan di Arizona ini sebagai 'pahlawan'.

"Mereka semua adalah pahlawan -- yang terampil dan profesional, seperti yang terjadi di negara kita setiap hari, yang tanpa pamrih menempatkan diri mereka dalam bahaya untuk melindungi nyawa dan properti milik warga yang tidak pernah mereka temui," ujar Obama dalam pernyataannya seperti dilansir AFP, Senin (1/7/2013).

Para petugas pemadam tersebut tewas saat memadamkan kebakaran hutan di Yarnell Hill, Arizona pada Minggu (30/6). Kebakaran yang terjadi sejak Jumat (28/6) lalu tersebut telah merusak sejumlah rumah warga setempat. Ratusan warga terpaksa dievakuasi demi keamanan.

"Pemerintah federal sudah membantu dan kami akan tetap berkomunikasi intens dengan pemerintah lokal dan negara bagian untuk menyediakan setiap bantuan yang dibutuhkan," jelas Obama saat dalam perjalanan ke Tanzania yang merupakan tujuan akhir dalam rangkaian kunjungannya ke Afrika.

"Tapi hari ini, Michelle dan saya bersama dengan seluruh rakyat Amerika menyampaikan simpati dan doa kami bagi keluarga para pemadam pemberani ini dan seluruh orang yang terkena dampak oleh tragedi mengerikan ini," imbuhnya.

Selain 19 petugas pemadam di Arizona ini, menurut versi Departemen Pemadam Kebakaran AS, sepanjang tahun ini sudah ada 43 petugas pemadam di berbagai wilayah AS yang tewas saat bertugas. Sementara sepanjang tahun 2012 lalu, tercatat 83 petugas pemadam gugur dalam tugas.

(nvc/ita)



Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com