Jumat, 28/06/2013 15:01 WIB

Liputan Khusus Hypnolangsing

10 Skala Lapar yang Harus Dikenali Saat Mencoba Hypnolangsing

Hestianingsih - wolipop
10 Skala Lapar yang Harus Dikenali Saat Mencoba Hypnolangsing Dok. Thinkstock
Jakarta - Kondisi lapar dan kenyang memiliki tahapan yang berbeda-beda. Tidak hanya satu atau dua, tapi ada 10 skala lapar ke kenyang yang berbeda. Mengenali skala lapar merupakan esensi penting dalam metode pelangsingan dengan pendekatan hipnosis, atau hypnolangsing. Ini tahapan kondisi lapar yang perlu diketahui, dan dalam skala mana Anda seharusnya berada, dalam buku The Secret of Slimming Hypnolangsing yang ditulis pakar langsing dengan hipnosis, Juli Triharto.

Skala 1: Starving
Tubuh dalam kondisi kelaparan, biasanya ditandai dengan kelelahan fisik seperti pusing, lemas atau maag. Jangan biarkan tubuh Anda lapar hingga sampai kondisi ini karena begitu bertemu makanan, Anda akan kalap dan akhirnya makan secara berlebihan. Selain itu juga tidak baik bagi kesehatan tubuh apabila terlalu sering dibiarkan.

Skala 2: Extremely Hungry
Lapar yang ditandai dengan berkurangnya daya konsentrasi dan mudah marah. Anda juga sebaiknya tidak menunggu makan hingga dalam kondisi ini karena berpotensi membuat Anda makan terlalu banyak dan kekenyangan.

Skala 3: Very Hungry
Dorongan untuk makan sangat kuat dan perut keroncongan. Dalam bukunya, Juli menyarankan untuk memulai makan ketika Anda berada pada kondisi ini.

Skala 4: Hungry
Tubuh mulai memberikan sedikit sinyal lapar dan Anda mulai berpikir tentang makanan. Anda juga sebaiknya mulai makan pada kondisi ini. Makan sebelum rasa lapar terlalu terasa akan mencegah makan berlebihan.

Skala 5: Neutral
Anda tidak merasa lapar, tapi juga tidak merasa kenyang dan tubuh memiliki cukup tenaga untuk bergerak. Pada kondisi ini, Anda disarankan untuk berhenti makan jika ingin menurunkan berat badan. Berhenti makan sebelum kenyang tidak akan membuat Anda kekenyangan dan perut pun terasa nyaman.

Skala 6: Comfortable
Merasa makanan yang dikonsumsi sudah cukup. Anda merasa nyaman.

Skala 7: Full
Lebih dari cukup. Tubuh mengatakan 'tidak mau lagi' tapi pikiran mengatakan 'ya, untuk bisa makan sedikit lagi'. Dalam tahap ini Anda juga sebaiknya segera berhenti makan.

Skala 8: Uncomfortably Full
Anda merasa kenyang, tapi tidak nyaman. Terlalu banyak makanan yang masuk membuat perut sakit karena kekenyangan. Kondisi ini biasanya disebabkan karena rasa makanan yang sangat enak atau akan mubazir jika tidak dihabiskan. Padahal perut sudah cukup kenyang. Jangan biarkan tubuh Anda pada kondisi ini.

Skala 9: Very Uncomfortably Full
Lebih dari rasa sangat kenyang, perut mual dan tidak nyaman. Pada tahap ini Anda kekenyangan sampai harus melonggarkan ikat pinggang.

Skala 10: Stuffed
Rasa kenyang sudah berlebihan hingga membuat Anda sulit/tidak bisa bergerak. Sangat kenyang sampai Anda tidak mau makan makanan itu lagi.

(hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177