Kamis, 30/05/2013 07:33 WIB

Festival Kebudayaan Jawa Hadir di Senayan City

Hestianingsih - wolipop

img
dok. Wolipop
Jakarta - Pameran kebudayaan umumnya dilangsungkan di galeri seni atau gedung pemerintahan seperti Jakarta Convention Center. Namun kali ini sedikit berbeda, yaitu di mal.

Mulai 29 Mei - 2 Juni 2013, Senayan City menghadirkan Fabulous Java, sebuah gelaran program budaya yang mengangkat seni serta kerajinan dari Pulau Jawa. Uniknya, karena dihelat di dalam mal, pameran ditampilkan dalam konsep yang lebih modern untuk menyasar kalangan muda.

Selama program yang diadakan di Main Atrium, Upper Ground ini berlangsung, pengunjung dapat melihat berbagai kerajinan asli yang dihadirkan langsung oleh para perajin dari berbagai pelosok Pulau Jawa. Selain itu juga akan ada teater musikal, seni tari tradisional, fashion show, talkshow dan workshop.

"Kami berharap dengan digelarnya program ini di pusat belanja, kekayaan budaya Indonesia dari Pulau Jawa dapat lebih dilihat oleh masyarakat luas hingga mancanegara dan tetap lestari hingga generasi-generasi berikutnya," jelas Handaka Santosa, CEO Senayan City saat konferensi pers di Main Atrium, Senayan City, Jakarta Selatan, Rabu (29/05/2013).

Kelebihan diadakannya pameran budaya di mal, menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, adalah orang-orang yang awalnya hanya berniat belanja jadi tertarik untuk mengenal kebudayaan dalam negeri lebih dekat. "Saya rasa ide program budaya di dalam mal ini cukup bagus. Tadinya ke mal hanya untuk belanja, tapi dengan adanya program ini jadi tahu dan tertarik untuk melihat," ucap Mari.

Rangkaian perhelatan Fabulous Java terdiri dari Art & Culture Exhibition yang menampilkan kerajinan asli Indonesia dari Galeri Batik Kudus, Pasar Indonesia, Cita Tenun Indonesia, Fabulous Java Lounge bersama brand busana etnik TIKShirt; Tan Living; Lekat, Teater Abang None dan Jember Fashion Carnaval Corner. Beberapa acara juga bisa dinikmati setiap harinya.

Pada Kamis (30 Mei), ada talkshow Tenun Garut dan Tenun Baduy, serta Reog Ponorogo. Keesokan harinya (31 Mei) ditampilkan Parade Jember Fashion Carnaval, Preview Timun Mas The Musical serta fashion show dari brand busana Lekat.

Saksikan juga penampilan dari Gatot Kaca Robotic The Movie, Folklore Gita Tunggal Crescendo serta Soekma Djaja persembahan dari Teater Abang None pada Sabtu (1 Juni). Semua acara di panggung atrium berlangsung mulai pukul 15.00-21.00 WIB.

Di hari terakhir yaitu Minggu (2 Juni), para pengunjung dapat mengikuti #kelasmbatik oleh TIKShirt, mencoba berbagai penganan khas Jawa dalam Exploring Culinary Java, fashion show A Walk in the Park - Pekalongan Encim Chic by Batik Chic serta parade penutupan dari Jember Fashion Week.

Sebagai pelengkap, hadir dia area Lobi Utama, lantai dasar, sebuah instalasi modern persembahan Iwan Tirta Private Collection. Bertemakan 'Pisan Bali Manggar Latar Truntum', seni instalasi ini menampilkan motif batik yang merupakan karya masterpiece Iwan Tirta dalam bentuk tiga dimensi yang terbuat dari material akrilik sebanyak 16 lapis. Penasaran? Datang saja ke Senayan City di akhir pekan ini.

(hst/kik)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com