Rabu, 22/05/2013 15:42 WIB

Pilih-pilih Bahan Seprai untuk Kenyamanan Tidur. Mana Paling Baik?

Hestianingsih - wolipop

Halaman 1 dari 2
img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Kenyamanan adalah hal utama untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Salah satu elemen penting yang menentukan kualitas tidur tapi sering terabaikan adalah pemilihan seprai yang digunakan.

Bayangkan bila Anda tidur di atas alas kasur yang teksturnya kasar dan tidak bisa menyerap keringat dengan baik. Tentu menimbulkan rasa panas dan tidak nyaman, belum lagi iritasi kulit karena material yang digunakan mengandung zat kimia keras.

Di pasaran, banyak kita temukan seprai dengan berbagai jenis bahan. Tapi hanya seprai dari bahan tertentu yang bisa menjamin kenyamanan tidur. Ada lima jenis kain yang umum digunakan untuk perlengkapan tidur (seprai, sarung bantal dan guling), dan mana saja yang paling ideal untuk tidur. Yuliab Korsen, seorang praktisi dan pengamat tekstil memaparkannya dalam acara diskusi 'Rahasia Kain untuk Kenyamanan Tidur' di Restoran Kembang Goela, Plaza Sentral, Jakarta Pusat, Rabu (22/05/2013).

1. Polyester
Kain ini tahan terhadap lekukan alias tak mudah kusut, karena terbuat dari semacam plastik. Daya tahannya tinggi dan tak mudah rusak dan umum digunakan sebagai bahan seprai. Namun daya serap lembab terbilang rendah dan kaku. Sehingga kurang bagus untuk menyerap keringat. Polyester kurang nyaman digunakan terutama di daerah yang beriklim tropis.

2. Rayon
Terbuat dari serat kayu yang memiliki daya serap tinggi. Teksturnya juga lembut dan nyaman. Namun daya tahannya rendah, atau mudah rusak. Bahan rayon tidak bisa sering dicuci karena mudah menyusut dan sulit kembali ke bentuk semula dan tidak kuat ketika basah.

3. Lyocell
Lebih dikenal dengan sebutan Tencel dan hanya diproduksi di Austria. Bahan ini sangat mudah menyerap keringat dan kelembaban. Teksturnya juga lebih lembut daripada sutera dan lebih dingin dari linen. Namun karena jumlahnya terbatas, harga cukup mahal dan kurang awet jika terlalu sering dicuci.

4. Katun
Bisa dibilang yang paling ideal untuk bahan seprai. Selain nyaman, daya serapnya juga baik, sejuk dan teksturnya lembut. Pada katun berkualitas tinggi memiliki daya kilau yang bagus seperti sutera.Next

Halaman 1 2
(hst/eny)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com