Kamis, 16/05/2013 10:01 WIB

Perawatan untuk Membasmi Jerawat di Dada & Punggung

Kiki Oktaviani - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Jerawat tidak hanya timbul di daerah wajah saja. Bagi sebagian orang, benjolan kecil tersebut juga timbul di bagian tubuh lainnya seperti dada dan punggung.

Penyebab jerawat di punggung dan dada sama seperti jerawat di wajah. Faktor hormon, minyak berlebih, stres atau tidak merawat tubuh dengan baik merupakan penyebab timbulnya jerawat.

Tapi cara menghilangkan jerawat di punggung berbeda dengan wajah. Bahan apa saja yang ampuh dalam mengatasi jerawat membandel tersebut? Dilansir Type F, berikut ini bahan-bahan aktif yang mampu mengusir jerawat.

1. Aspirin
Obat pereda sakit dan penurun demam itu ternyata berguna untuk mencegah penyumbatan pori-pori, juga mengandung anti inflamasi. Caranya dengan menghaluskan lima hingga 10 butir aspirin, campurkan dengan sedikit air. Aduk hingga menjadi pasta, lalu terapkan pada bagian yang berjerawat. Diamkan 10 hingga 15 menit. Setelahnya bilas dengan air hangat.

2. Mandi yang Bersih
Mandi dua kali sehari dengan cara yang benar. Gosok-gosok badan termasuk di ketiak, lipatan kaki, lengan sampai bagian belakang. Pilih sabun yang mengandung glycolic acid atau yang khusus untuk kulit berjerawat. Hindari sabun atau lotion yang tinggi kadar parfumnya. Mandi dengan sabun bayi bisa membantu mengurangi iritasi kulit penyebab jerawat semakin parah.

3. Scrub
Scrub atau pengelupasan diperlukan untuk menyingkirkan sel kulit mati yang menutupi jerawat, sehingga jerawat lebih mudah diobati. Gunakan scrub dengan butiran yang lembut, pastikan tidak membuat kulit iritasi. Jangan lupa gunakan lotion setiap habis pengelupasan. Lakukan satu kali seminggu.

4. Memakai Baju yang Menyerap Keringat
Saat beraktivitas di siang hari pakailah baju yang mudah menyerap keringat. Pilihlah pakaian berpotongan longgar dengan bahan yang tidak membuat panas seperti katun dan linen. Keringat juga salah satu penyebab jerawat dan mengembangkan bakteri sehingga menimbulkan jerawat.

5. Asam Salisilat
ketika mandi, campurkan air mandi Anda dengan asam salisilat (salicylic acid), yang memiliki kandungan minimal 1,25 persen. Asam ringan ini dapat mengurangi minyak berlebih yang menjadi pemicu jerawat.

6. Benzoil Peroksida
Menurut Acne Resource Center, benzoil perokisida merupakan solusi yang ampuh dalam menghilangkan jerawat. Berkat kandungan kimianya, sebanyak 70 persen penderita jerawat dapat membaik dalam waktu 6 minggu. Obat ini bisa berupa krim atau gel yang dapat dioleskan di bagian yang berjerawat.

(kik/eny)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com