Senin, 29/04/2013 15:46 WIB

Liputan Khusus Dunia Model

Model Lokal Atau Asing, Mana yang Jadi Favorit Desainer?

Alissa Safiera - wolipop

img
foto: Moh. Abduh/Wolipop
Jakarta - Tak jarang dalam peragaan busana, wajah model asing sering tampil berdampingan dengan model lokal. Ada juga beberapa peragaan desainer lokal yang menampilkan model asing seluruhnya. Lalu, mana yang lebih disukai desainer, model lokal atau model asing?

Menurut desainer Denny Wirawan dan Ivan Gunawan, pemilihan model sebenarnya disesuaikan dengan tema koleksi. Sebagai gambaran, Denny memberi contoh untuk koleksi busana kebaya. Menurutnya, model lokal lebih cocok menggunakannya, ekspresi dan karakter busana pun lebih terpancar dibanding model luar. Namun, ia mengaku lebih sering menggunakan model asing untuk show-nya.

"Kembali lagi tergantung tema. Tapi saya lebih banyak memakai model luar karena baju saya kalau dipake model luar look modern-nya lebih keluar. Tapi untuk beberapa baju memang lebih bagus untuk lokal," tutur Denny saat wawancara melalui telepon dengan Wolipop, Jumat (26/04/2013).

Meskipun begitu, model lokal atau asing sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan di mata para desainer. Ivan Gunawan melihat hal ini dari tampilan para model. Misalnya saja perbedaan riasan untuk mengeluarkan ekspresi dan karakter seorang model.

"Dalam negeri, struktur bentuk muka udah berbeda dan mereka biasanya harus diapa-apain dulu baru bisa keren. Kalau model luar, dia diam saja udah keren," jelas desainer dan presenter itu.

Sedangkan dari pandangan Denny, kelebihan dan kekurangan model asing atau lokal, lebih tampak pada karakter serta ekspresi masing-masing model.

"Lokal itu lebih kenal desainer, dan tahu cara membawakan baju sesuai tema. Ada beberapa model luar yang mukanya cantik, badan bagus tapi jalannya jelek. Karena kalau gak pintar-pintar milih jadi mengurangi kebagusan bajunya. Mostly, bule attitude-nya baik dan mudah diarahkan," tutup Denny.


(als/als)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com