Senin, 22/04/2013 07:16 WIB

Rajinlah Bercermin untuk Mendeteksi Adanya Penyakit Sejak Dini

Hestianingsih - wolipop

img
dok. Thinkstock
Jakarta - Wajah bukan saja menjadi refleksi kecantikan seseorang. Tapi juga bisa memberitahu apakah ada yang tidak beres dalam organ dalam tubuh. Saat bercermin, perhatikan dengan seksama perubahan pada wajah Anda. Apakah ada perubahan, atau sesuatu yang aneh? Sebab beberapa penampakan di wajah bisa menjadi tanda awal Anda mengalami kondisi medis yang serius, seperti dikutip dari Times of India.

1. Jerawat di Dahi
Dahi Anda terhubung dengan sistem pencernaan dan jarak antara kedua alis berkenaan ke liver. Ketika Anda makan terlalu banyak makanan mengandung lemak, minyak dan alkohol, liver akan bekerja lebih keras. Penumpukan lemak dan racun pada liver bisa dilihat dengan adanya jerawat di daerah tersebut. Maka perbaikilah kebiasaan makan Anda. Konsumsi diet bergizi dan seimbang serta cukupi asupan cairan dalam tubuh.

2. Noda atau Jerawat di Pipi
Ada banyak penyebabnya. Tapi yang paling umum adalah karena tempat tidur Anda tidak bersih, atau hormon yang tidak seimbang. Selain itu pipi juga terhubung dengan paru-paru. Jadi kemunculan noda kecokelatan atau jerawat di area itu bisa mengindikasikan adanya masalah pada sistem pernapasan.

3. Jerawat di Dagu
Biasanya muncul saat wanita memasuki periode menstruasi. Ketidakseimbangan hormon bisa menyebabkan munculnya flek cokelat serta jerawat di sekitar dagu dan rahang. Tapi bisa juga berindikasi adanya gangguan pada kelenjar endokrin yang terhubung dengan ovarium. Untuk lebih memastikan, sebaiknya periksa kondisi hormon Anda di dokter atau laboratorium.

4. Lingkaran Gelap Bawah Mata
Umumnya, lingkaran gelap di sekitar mata disebabkan karena genetik. Misalnya, orang India atau Arab umumnya memiliki lingkaran hitam di bawah matanya. Tapi apabila Anda mendapati perubahan drastis dan lingkaran gelap semakin terlihat jelas seiring bertambahnya hari, mungkin ada beberapa kondisi medis yang serius. Area bawah mata terkoneksi dengan ginjal. Jadi ada keumungkinan Anda mengalami dehidrasi atau ada racun ayng terakumulasi di tubuh. Coba lakukan tindakan pencegahan dengan lebih sering minum air putih. Kurangi konsumsi kopi, alkohol atau makanan tinggi garam.

5. Warna Lidah Berubah
Jika kekurangan cat besi atau vitamin B12, lidah akan menjadi merah dan sakit. Apabila berubah jadi membiru, kemungkinan mengindikasikan Anda kekurangan oksigen di dalam aliran darah.

(hst/kik)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com