Jumat, 05/04/2013 10:30 WIB

Liputan Khusus

Kenali Ciri Pasangan Mulai Selingkuh di Social Media

Arina Yulistara - wolipop
Kenali Ciri Pasangan Mulai Selingkuh di Social Media Dok. Thinkstock
Jakarta - Kini media sosial tidak hanya menjadi tempat mencari teman atau bersosialisasi saja, beberapa orang memanfaatkannya untuk menemukan pasangan hingga menjalin hubungan asmara diam-diam. Terkadang, Anda tidak sadar bahwa pasangan sedang menaruh perhatian kepada orang lain melalui akun media sosialnya.

Agar tidak tahu belakangan, kenali ciri-ciri pasangan mulai selingkuh di social media seperti yang dijelaskan oleh Psikolog Klinis Dewasa, Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi.

1. Sering Balas Mention & Wall Facebook
Bila pasangan sering membalas mention di Twitter atau wall Facebook-nya dengan orang yang sama ada kemungkinan dia mulai selingkuh. Namun sebelum menuduh si dia, coba cari tahu dulu siapa orang yang sering bercakap-cakap dengan pasangan di media sosial itu. Mungkin saja hanya teman lamanya.

"Kalau kita lihat page Facebook-nya saja agak susah, tapi kita bisa lihat dari intensitas mereka berinteraksi sebenarnya, misalnya setiap ada status selalu dikomentarin, balas-balasan wall, mention-mention-an," ungkap Wulan kepada wolipop di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Senin (1/4/2013).

2. Punya Panggilan Tertentu
Salah satu tanda pasangan mulai selingkuh di social media adanya panggilan tertentu terhadap seseorang. Panggilan tersebut tidak harus 'cinta', 'sayang', dan sebagainya, tapi bisa juga sebutan 'aku-kamu'.

"Biasanya dia berinteraksi dengan temennya 'gua-elo', tapi sama particular orang ini kok tiba-tiba 'aku-kamu', apakah orang yang di sana memang biasa 'aku-kamu' apa biasanya 'gua-elo'," tutur psikolog lulusan Universitas Indonesia itu.

3. Tidak Mau Berbagi Password
Tidak mau berbagi password merupakan tanda ada yang disembunyikan. Namun sebaiknya tidak langsung menuduhnya selingkuh. Belum tentu dia mendua, tapi jelas ada yang dirahasiakan dari Anda. Jika dia tidak mau berbagi password coba tanyakan baik-baik apa alasannya. Lebih waspada dengan sikap pasangan dan akun sosial medianya.

"Kalau begitu kita wajar bila waspada, bukan mencurigai, karena kalau mencurigai artinya kita sudah punya persepsi bahwa dia selingkuh. Kalau waspada kan ada kemungkinan untuk melakukan kalibrasi (verifikasi-red)," tutur wanita yang merupakan salah satu penggagas dari situs pranikah itu.

Wulan menyarankan agar Anda lebih mengenal orang-orang di sekitar pasangan, terutama bila baru menjalin hubungan asmara. Hal ini akan mempermudah jalan untuk mengetahui alasan sebenarnya dia tidak mau berbagi password karena selingkuh atau memang ada hal yang belum siap diceritakan kepada Anda.

4. Dia Berubah
Kata hati seringkali menunjukkan kebenaran. Jika biasanya dia selalu menyapa Anda dengan panggilan 'sayang' di Twitter sekarang sudah tidak pernah. Mungkin itu ada kaitannya dengan orang lain. Hal ini bisa merupakan tanda dia selingkuh. Ada seseorang di social media yang tidak ingin dia sakiti perasaannya.

"Kita lihat semua dari pola, ada sesuatu dari pola itu yang berubah berarti ada sesuatu yang sedang terjadi," ujarnya kemudian.


(aln/aln)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177