Selasa, 02/04/2013 15:07 WIB

Penyebab Nafsu Makan Selalu Menggila Saat Sore Hari

Hestianingsih - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Sering merasa lapar di sore hari, terutama pada pukul 16.00? Anda tidak sendiri. Dari hasil studi yang dilakukan para ilmuwan dan ahli diet di Inggris kepada 1.250 responden ada 62 persen orang yang merasa tidak dapat menahan godaan makan di jam-jam menjelang pulang kantor. Kenapa?

Menurut pakar nutrisi Lorna Driver-Davies dari Nutri Centre Nutritional Therapist, "Ketika lelah, orang cenderung memilih makanan yang tidak sehat. Ingin makan sesuatu yang meningkatkan energi dengan cepat. Ini karena saat di sore hari, kadar cortisol sedang dalam level paling rendah dan saat itu terjadi, kita akan merasa lelah."

Perlu diketahui, cortisol merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar ginjal dan berfungsi membuat tubuh serasa berenergi. Semakin larut, kadar hormon ini pun menurun. Alhasil, tubuh menginginkan makanan yang sifatnya cepat mengembalikan energi dan biasanya bisa diperoleh dari konsumsi makanan manis atau berkarbohidrat tinggi.

Maka tidak heran jika menjelang sore kita cenderung ingin makan cake, cokelat, permen, biskuit, roti atau mie ayam. Dijelaskan Lorna seperti dikutip dari Female First, "Menginginkan makanan manis bisa dihubungkan dengan terjadinya ketidakseimbangan pada gula darah. Jika gula darah Anda naik-turun sepanjang hari; akan memengaruhi pilihan makanan Anda."

Dr Marilyn Glenville PhD, seorang pakar nutrisi pun menjelaskan penyebabnya lebih lanjut. Ketika makan, gula darah atau glukosa meningkat. Semakin tinggi dan cepat gula darah meningkat, semakin banyak insulin yang harus diproduksi pankreas. Semakin tinggi gula darah, dia akan semakin cepat juga turun hingga ke level yang terendah. Akibatnya perut merasa lapar lagi dan menginginkan sesuatu yang cepat menaikkan gula darah.

Lonjakan dan penurunan gula darah secara drastis dan tiba-tiba bisa mengganggu kesehatan. Jika keadaan ini terus berlanjut, lama kelamaan tubuh akan mengalami resistensi insulin. Yaitu kondisi dimana insulin terus menerus diproduksi oleh pankreas, tapi reseptor insulin di dalam sel tidak merespon secara efektif. Hal ini bisa meningkatkan risiko diabetes dan tekanan darah tinggi.

Untuk menghindari hasrat makan menggila dan tubuh menggemuk di jam-jam 'krusial' tersebut, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan secara teratur. Pertama, cukup tidur selama 7-8 jam sehari. Dengan tidur yang cukup, besar kemungkinan Anda akan bangun dengan tubuh yang lebih segar sehingga tidak terlalu lelah di siang menjelang sore. Salah satu cara untuk mendapatkan tidur nyenyak di malam hari adalah konsumsi magnesium yang bisa didapat dari suplemen makanan.

Kedua, adalah sarapan sehat yang mengandung karbohidrat kompleks, protein dan sayur. Kombinasi ini akan membuat gula darah tetap stabil sehingga saat menjelang pukul 16.00, gula darah tidak turun secara drastis dan keinginan ngemil banyak berkurang. Anda bisa memakan sandwich isi telur beserta tomat dan selada, serta secangkir yoghurt untuk sarapan.

Sebagai alternatif camilan sehat, siapkan selalu mix trails yang berisi buah-buahan kering dan kacang-kacangan. Bisa juga dengan memesan buah potong atau salad sayuran.

Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(hst/hst)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com