Kamis, 21/03/2013 21:22 WIB

Abdullah Ocalan serukan gencatan senjata

BBCIndonesia.com - wolipop

Indonesia - BBC - Pemimpin kelompok militan Kurdi yang ditahan di Turki, Abdullah Ocalan, menyerukan gencatan senjata.

Lewat pesan yang dibacakan oleh seorang anggota parlemen Kurdi, Kamis 21 Maret, Ocalan juga mengumumkan penarikan mundur pemberontak Partai Pekerja Kurdistan, PKK, dari wilayah Turki.

Dia menambahkan bahwa pintu terbuka untuk proses demokrasi dan saatnya bagi politik untuk menang, seperti dilaporkan wartawan BBC, James Reynolds, dari Istanbul.

Bagaimanapun -seperti dilaporkan wartawan kami- pernyataan Ocalan tidak menyebutkan perlucutan senjata.

Pengumuman ini disampaikan bersamaan dengan perayaan tahun baru di Diyarbakir, kota terbesar di kawasan pemukiman warga Kurdi di Turki tenggara yang sering disebut sebagai ibukota Kurdi.

Abdullah Ocalan

Abdullah Ocalan ditahan pihak berwenang Turki sejak tahun 1999.

Puluhan ribu warga Kurdi berkumpul di alun-alun utama di Diyarbakir untuk mendengarkan pesan tersebut dan bersorak-sorai menyambutnya.

Disambut Turki

Perundingan damai pihak berwenang Turki dengan PKK sebenarnya sudah berlangsung sejak Oktober antara Ocalan -yang ditahan sejak tahun 1999- dengan para pejabat intelijen Turki.

PKK terlibat konflik senjata selama 26 tahun dengan pemerintah Turki untuk memperjuangkan kemerdekaan di kawasan tenggara Turki. Diperkirakan sekitar 40.000 jiwa tewas dalam konflik tersebut.

Menteri Dalam Negeri Turki, Muammer Guler, menyambut baik gencatan senjata yang diserukan Ocalan.

"Bahasanya adalah bahasa perdamaian dan sekarang kita harus melihatnya menjadi tindakan," tutur Guler seperti dikutip kantor berita Turki, Anatolia.

Di bawah pemerintahan Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan, minoritas Kurdi mulai mendapat pengakuan budaya antara lain diizinkannya bahasa Kurdi digunakan di sekolah-sekolah.

Warga Kurdi diperkirakan mencapai sekitar 20% dari total 75 juta penduduk Turki.

(bbc/bbc)



Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com