Senin, 11/03/2013 18:25 WIB

Cara Mudah Mempersiapkan Mental & Fisik Sebelum Menikah

Arina Yulistara - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Menikah membutuhkan persiapan bukan hanya untuk pestanya saja, mental dan fisik Anda pun perlu ditata. Kini selain ke psikolog atau konselor pernikahan, ada cara mudah dalam mempersiapkan mental maupun fisik Anda. Cukup dengan satu klik saja.

Cara mudah tersebut adalah dengan berselancar di sebuah situs bernama pranikah. Situs ini dibuat oleh sekelompok para ahli agar Anda dan kekasih mendapat pengetahuan mengenai sebuah pernikahan yang harmonis dan seimbang.

Situs yang telah soft launching pada 1 Februari 2013 lalu itu memuat segala persiapan sebelum menikah dan pengetahuan-pengetahuan dalam berkeluarga. Anda bisa mencari tahu bagaimana cara menjaga kesehatan sebelum menikah, makanan serta latihan seperti apa yang perlu dijalani, hingga persiapan dari sisi psikologis atau mental Anda dan pasangan.

Tidak hanya itu saja, situs tersebut juga membahas cara mengatur keuangan yang tepat berikut hak dan kewajiban istri ataupun suami di mata hukum. Jadi, Anda dan pasangan semakin matang dalam mempersiapkan pernikahan.

Saat ditemui wolipop beberapa waktu lalu, salah satu psikolog yang mendirikan situs tersebut, Anna Surti Ariani, M.Si., menjelaskan maksud pendirian situs pranikah ini. Anna mengatakan bahwa website tersebut merupakan gerakan sosial untuk menginspirasi pasangan sebelum menikah agar siap secara fisik maupun mental.

"Perkawinan itu tidak hanya bisa diatur usia, disuruh orangtua, bukan hanya seks saja, kita ingin meluruskan harapan pernikahan dan persiapan pernikahan secara fisik maupun psikologisnya," papar psikolog yang akrab disapa Nina itu kepada wolipop di Universitas Atma Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Nina menambahkan, selain lewat situs, Anda juga bisa bertanya seputar pernikahan melalui twitter pranikah dengan akun @TwitPranikah. Setiap hari akun tersebut akan memberikan pembelajaran untuk para calon pengantin.

Situs pranikah didirikan oleh enam orang dengan keahlian masing-masing. Selain Nina yang berperan sebagai psikolog anak dan keluarga, ada pula psikolog klinis dewasa Wulan Ayu Ramadhan, M. Psi, ahli hukum atau pengacara Ade Novita, SH., financial planner Reliza Arifiani Kodri, SE.Ak., dokter anak Fransisca Handy, SpA, IBCLC, serta perancang website Ibun.

Mereka berenam juga berencana membuat berbagai kegiatan sosial berupa pelatihan untuk pasangan yang ingin menikah demi meminimalkan tingkat perceraian. Situs dengan nama pranikah.org itu akan mengadakan grand launching pada akhir Juni 2013.

(aln/eny)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


info sale