Jumat, 08/03/2013 08:01 WIB

Liputan Khusus

Apa Isi Perjanjian Pranikah? Ini Dia Gambarannya

Arina Yulistara - wolipop

Halaman 1 dari 2
img
dok. Thinkstock
Jakarta - Prenuptial agreement (pre-nup) atau perjanjian pranikah penting dibuat sebelum menikah untuk memperjelas harta, hak, serta kewajiban pasangan suami-istri. Jika masih bingung isinya seperti apa, ini dia gambaran mengenai isi perjanjian pranikah yang dijelaskan oleh pengacara sekaligus salah satu pendiri situs pranikah, Ade Novita.

1. Soal Harta
Dalam perjanjian ini pembagian harta akan semakin jelas baik untuk suami maupun istri. Banyak pasangan menikah yang tidak mau penghasilannya digabung sehingga bisa diatur dalam perjanjian.

Selain itu, penentuan harta setelah berpisah entah karena ditinggal 'pergi' atau cerai sudah bisa diatur sejelas-jelasnya dalam perjanjian tersebut. Perjanjian ini memang sifatnya perlindungan harta yang semestinya dimiliki oleh orang yang tepat.

"Kita nggak bisa menentang takdir, ada yang secara alami hidupnya memang lebih cepat, ada yang tak disangka-sangka dia harus hidup sendiri. Hukum itu sifatnya pencegahan, kalau nanti terjadi sesuatu, apa yang bisa kita lakukan. Nah itu dasar-dasar perjanjian," tutur Ade kepada wolipop di Universitas Atma Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Senin (4/3/2013).

Ade juga mencontohkan, misalnya saja ada seorang wanita anak tunggal dan dia akan mewarisi harta kekayaan orang tuanya secara besar-besaran maka itu bisa diatur apakah harta warisan menjadi milik bersama atau tetap punya istri. Mungkin bisa saja suami lebih berkuasa kemudian dia mengambil seluruh harta warisan dan dibagi-bagikan ke keluarganya karena dalam perjanjian perkawinan semua harta yang dihasilkan setelah menikah menjadi harta bersama.

Hal ini tentu menjadi ketidakadilan bagi sang istri. Maka dari itu dibuatlah perjanjian pranikah supaya pengaturan harta tersebut jelas dan kuat di mata hukum.

2. Hak dan Kewajiban
Tidak hanya harta saja, perjanjian juga mengatur hak dan kewajiban setelah menikah. Anda dan pasangan bisa menulis semua yang diinginkan saat berkeluarga dalam perjanjian.Next

Halaman 1 2
(aln/fer)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com