Sabtu, 02/03/2013 13:53 WIB

5 Cara Jitu & Alami Menghilangkan Bau Tak Sedap di Kamar Mandi

Ghassani Mandasari - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Sering kesal karena kamar mandi selalu berbau tak sedap? Memakai pengharum ruangan memang paling praktis. Namun, pengharum ruangan berbahan kimia bisa berbahaya bagi kesehatan? Ada baiknya bisa Anda mencoba membuat sendiri dengan bahan-bahan alami yang lebih aman. Selain mudah, juga ada beberapa bahan yang sudah tersedia di rumah. Tips yang dikutip dari Care2 ini siap membantu Anda menemukan cara yang mudah dan ramah lingkungan.

1. Minyak Esensial
Minyak esensial merupakan bahan alami namun aroma segarnya bisa bertahan lama. Anda bisa menuangkan minyak esensial ke diffuser listrik, yaitu semacam alat untuk menguapkan minyak hingga harumnya tersebar. Jika tidak punya, bisa menggunakan wadah kayu tanpa plitur. Tuangkan minyak di atasnya dan saat mengering, wanginya akan tercium. Pilih minyak esensial beraroma lemon, lavender atau peppermint.

2. Potpourri
Membuat potpourri sendiri adalah salah satu hal yang dapat dicoba. Di antara kayu yang mengeluarkan aroma harum adalah kayu cemara atau cendana. Tambahkan tetesan minyak esensial dari lavender atau lemon ke rangkaian potpourri untuk mengeluarkan aroma khasnya.

3. Tisue toilet
Seringkali kita melupakan keberadaan tisu toilet, padahal dapat menjadi salah satu pilihan pengharum ruangan. Bagaimana caranya? Cukup teteskan minyak esensial ke gulungan tisu toilet.

4. Minyak kayu putih
Pernah terpikir menuangkan minyak kayu putih sebelum buang air besar? Crunchy Betty, salah satu blogger gaya hidup alami menyatakan bahwa cairan minyak kayu putih berkhasiat menghilangkan bau 'khas' toilet tersebut.

5. Baking Soda
Selain berguna di dapur, bahan ini mempunyai kelebihan sebagai deodorizer. Cukup sediakan toples, isi dengan pengembang kue dan minyak esensial, terakhir tutup dengan tisu agar keharumannya menyebar.

Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(hst/hst)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com