Senin, 18/02/2013 10:09 WIB

Ini Kesalahan Saat Sarapan yang Bikin Tambah Gemuk

Hestianingsih - wolipop
 Ini Kesalahan Saat Sarapan yang Bikin Tambah Gemuk Dok. Thinkstock
Jakarta - Sarapan sangat penting untuk memulai hari agar tubuh berenergi sampai tiba jam makan siang. Melewatkan sarapan, berpotensi menyebabkan kegemukan karena Anda cenderung akan mengonsumsi lebih banyak makanana di siang harinya. Tapi cara sarapan yang salah justru bisa berakibat sama, yaitu penumpukan lemak dan kalori berlebih. Ini kesalahan saat sarapan yang bisa buat Anda tambah gemuk, seperti dikutip dari Shape.

1. Minum Jus
Segelas jus jeruk atau apel mungkin bisa hadi penyemangat di awal hari. Tapi ketika buah diblender atau dijus, umumnya yang tersisa hanya kandungan air dan gula. Meskipun masih mengandung vitamin, Anda tidak mendapatkan manfaat serat yang bermanfaat membuat perut terasa kenyang lebih lama hingga makan siang nanti. Daripada jus, lebih baik makan jeruk dalam bentuk aslinya yang dibarengi dengan sarapan bubut oats dan air putih.

2. Pancake & Waffle
Siapa yang tidak suka sarapan dengan pancake atau waffle yang lezat? Tapi dua makanan yang terbuat dari terigu itu tidak disarankan untuk makan pagi, terutama bila dikonsumsi bersama sirup atau bubuk gula. Tepung terigu cepat menaikkan gula darah, tapi cepat juga turun sehingga Anda akan merasa lapar segera setelah sarapan. Pakar kesehatan Dr. Lisa Davis menyarankan untuk mengganti sarapan dengan sereal gandum utuh atau roti gandum dengan telur rebus. Anda akan merasa kenyang lebih lama.

3. Sarapan Pastry
Aneka pastry seperti croissant atau apple struddle memang paling pas untuk dinikmati. Tapi bagi lidah, bukan tubuh. Hindari sebisa mungkin untuk memakannya karena pastry mengandung banyak gula dan lemak jenuh. "Sereal bersalut gula, pastry, bagel dan cinnamon roll sangat menggoda, tapi cenderung menyebabkan gula darah naik drastis, diikuti dengan energi yang cepat hilang sehingga Anda sudah ingin ngemil sebelum jam makan siang," tutur Lisa, yang menjabat sebagai vice president Scientific and Clinical Affairs di Medifast.

4. Minum Kopi
Minum kopi di pagi hari sebenarnya tidak masalah, jika Anda tidak menambahkannya dengan gula pasir, creamer atau whipped cream. Bahan-bahan tambahan itu bisa membuat secangkir kopi hitam yang seharusnya rendah kalori menjadi sumber kalori berlebih. Jika ingin minum kopi di pagi hari, sebaiknya pilih kopi hitam dengan sedikit gula aren.

5. Sarapan Sehat Tapi Banyak
Makanan rendah protein, karbohidrat kompleks, sayur dan buah mentah sangat baik untuk sarapan. Tapi bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya sebanyak yang dimau. Makanlah dengan porsi secukupnya dan jangan sampai terlalu kenyang. Selain jadi mengantuk karena kekenyangan, kalori yang diasup juga jadi terlalu banyak.


(hst/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com