Rabu, 06/02/2013 19:08 WIB

Resep Awet Pasangan Menikah 80 Tahun: Biarkan Istrimu Jadi Bos

Eny Kartikawati - wolipop

img
ist.
Jakarta - Ann dan John Betar dinobatkan sebagai pasangan menikah paling awet di Amerika Serikat. Kini pasangan yang sudah berusia 97 dan 101 tahun itu merayakan ulang tahun pernikahan mereka ke-80.

Pasangan asal Fairfield, Connecticut ini menikah pada 15 November 1932. Dari pernikahan tersebut keduanya dikaruniai lima anak, 14 cucu dan 16 cicit.

Dalam wawancara dengan ABC, Ann dan John berbagi resep langgeng pernikahan mereka. "Akur, berkompromi, jalani hidup dengan penuh arti dan berguna," ujar John. "Dan biarkan istrimu yang menjadi bos," tambahnya.

Sementara itu menurut Ann, untuk membuah sebuah hubungan pernikahan bertahan diperlukan suatu komitmen besar. "Kamu sudah tahu apa komitmen mu dan cobalah hidup dengan menjalani itu, memahami satu sama lain," tuturnya.

Selama menjalani pernikahan hal tersulit yang pernah dialami adalah ketika mereka kehilangan dua anak. Keduanya sangat sedih, namun berhasil melalui cobaan tersebut dan kembali menjalani hidup hingga usia pernikahan mereka terus bertambah.

Mengenang masa lalu, Ann dinikahi John saat usianya baru 17 tahun. Saat itu sebenarnya Ann sudah dijodohkan dengan pria lain oleh orangtuanya. Namun dia memutuskan menolak perjodohan tersebut dan menikah dengan John di sebuah kota kecil di New York yaitu Harrison.

"Kami merasa bahagia bersama dan mengenal satu sama lain dengan baik. Dan ternyata sudah 80 tahun berlalu...Kami sudah sangat beruntung," kata Ann. "Ini karena cinta tanpa syarat dan saling memahami," tambahnya.

Gelar pasangan menikah terlama di AS akan diberikan pada Ann dan John oleh The Worldwide Marriage Encounter, Sabtu (9/2/2013) ini. Pemberian gelar tersebut dilakukan di rumah cucu mereka di Fairfield, AS.

Ann dan John hanya selisih enam tahun dari pasangan dengan pernikahan terlama di dunia versi Guinness World Record. Gelar pasangan menikah terlama di dunia saat ini dipegang oleh Herbert dan Zelmyra Fisher dari North Carolina. Keduanya sudah menjadi suami-istri selama 86 tahun.

(eny/eny)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com