Senin, 21/01/2013 08:40 WIB

3 Pilihan Sereal untuk Sarapan yang Tak Bikin Gemuk

Hestianingsih - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Sereal dan susu merupakan menu sarapan yang cukup banyak menjadi pilihan karena praktis disajikan dan cukup mengenyangkan. Namun kebanyakan sereal sarapan pagi cenderung tidak sehat dan menggemukkan karena tinggi kandungan gula, juga miskin nutrisi.

Bila Anda terbiasa mengonsumsi sereal untuk sarapan, tidak perlu menggantinya dengan menu lain. Hanya saja, pilihlah jenis serealia yang sehat dan tidak mengandung gula atau pemanis buatan. Satu lagi yang penting, sereal harus dimakan bersama susu skim atau rendah lemak jika Anda ingin menjaga berat badan tetap ideal. Dokter dan pakar kesehatan Dr Shikha Sharma memberi petunjuk jenis-jenis sereal yang sehat untuk dikonsumsi dan tak bikin gemuk, seperti yang dikutip dari Times of India.

1. Cornflake
Keripik jagung mengandung karbohidrat, zat besi dan vitamin B kompleks. Cocok dikonsumsi anak-anak maupun orang dewasa. Pilih cornflake yang tidak diberi pemanis. Bila ingin rasa yang lebih enak, Anda bisa menambahkan potongan pisang, stroberi atau taburan kismis. Selalu perhatikan jumlah kalori dan angka kecukupan gizi pada label kemasan untuk mencegah Anda makan berlebihan.

2. Wheat Flake
Wheat flake merupakan beragam jenis serealia yang dipadatkan sehingga membentuk kepingan-kepingan. Bentuknya mirip cornflake namun dengan tekstur yang lebih padat dan renyah. Biasa disajikan dengan susu rendah lemak dan buah kering.

3. Oatmeal
Semangkuk bubur oat di pagi hari baik untuk orang yang memiliki kolesterol tinggi dan diabetes. Asalkan Anda tidak menambahkan gula pasir saat membuatnya. Kandungan serat yang tinggi pada oat mampu menyeimbangkan gula darah dan membantu meningkatkan mood bagi orang yang rentan mengalami stres. Sebaiknya konsumsi oat yang harus dimasak terlebih dahulu ketimbang instan. Karena serat dan manfaat serealianya masih lebih tinggi. Bila ingin rasa yang lebih nikmat, Anda bisa menambah satu sendok makan madu atau sirup maple.

(hst/eny)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com