Jumat, 11/01/2013 16:01 WIB

Liputan Khusus

Kiat-kiat Sukses Minta Dipromosikan oleh Atasan

Arina Yulistara - wolipop
Kiat-kiat Sukses Minta Dipromosikan oleh Atasan Dok. Thinkstock
Jakarta - Merasa sudah berprestasi tapi belum juga naik jabatan? Anda bisa minta dipromosikan oleh atasan. Untuk membicarakan soal promosi jabatan perlu dilakukan dengan cara yang tepat.

Kepala konsultan dari Experd Consultant, Cherry Zulviyanti Riadi Lukman mengatakan, jika Anda sudah memiliki prestasi yang cukup banyak dan merasa layak menempati posisi yang lebih tinggi coba didiskusikan dengan atasan supaya mendapat promosi jabatan. Bicarakan baik-baik dan penuh rasa hormat.

"Sampaikan dengan cara yang santun didukung dengan prestasi kita sehingga kita merasa layak berada di posisi yang kita tuju," jelas Cherry saat dihubungi wolipop melalui telepon, Rabu (09/01/2013).

Setelah berbicara dengan atasan, tunjukkan kemampuan Anda untuk menuju jabatan yang lebih tinggi. Beritahukan atasan bahwa Anda mampu melakukannya melalui hasil kerja di perusahaan. Dengan begitu, perusahaan pasti mempertimbangkan Anda supaya cepat dipromosikan.

Namun jika sudah berusaha semaksimal mungkin tapi perusahaan belum juga memberikan Anda kesempatan naik jabatan, berarti ada sesuatu yang belum terpenuhi. Entah itu berkaitan dengan prestasi atau ada hambatan yang membuat Anda tidak dipromosikan. Selain kepada atasan, Anda juga bisa membicarakannya dengah pihak Human Resource Development (HRD).

"Tidak ada salahnya berdiskusi kepada pihak HR atau atasan apakah harus ada lagi pencapaian target kerja yang harus dia penuhi agar bisa (naik jabatan). Itu nggak apa-apa ditanyakan saja. Toh tujuannya juga baik, kita ingin memberikan yang lebih lagi kepada perusahaan," tutur wanita lulusan Universitas Padjajaran itu.

Meminta promosi jabatan sebaiknya didasari rasa ingin memajukan perusahaan bukan cuma ingin naik gaji karena semakin tinggi posisi di perusahaan semakin berat tanggung jawab yang diberikan. Anda harus bisa membuktikan hal itu melalui kinerja di perusahaan.

“Banyak juga orang yang ingin naik gaji makanya ingin naik jabatan. Padahal sebenarnya kalau diberi porsi atau tanggung jawab yang lebih dia tidak bisa mengatasinya,” tambahnya kemudian.

Ingat, perusahaan mempunyai penilaian sendiri sebelum memberikan promosi kepada karyawannya. Umumnya, pihak manajemen perusahaan melakukan review setiap enam bulan sekali. Maka dari itu, Anda harus berusaha semaksimal mungkin menunjukkan bahwa Anda memang layak naik jabatan.

"Standard-nya enam bulan karena biasanya kita suka ada penilaian ya, setiap enam bulan sekali satu semesteran biasanya di situ timing yang tepat," papar Cherry yang sudah enam tahun bekerja di Experd Consultant sebagai Chief Consultant Assessment, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Jika hasil penilaian atau evaluasi perusahaan belum bisa mengangkat Anda untuk menempati posisi yang diinginkan, mereka pasti akan memberitahukan secara baik-baik. Jangan kecewa atau marah, sadari diri dan berusaha lebih proaktif dalam membangun perusahaan.

Cherry menyarankan, tingkatkan terus prestasi serta kemampuan Anda dalam menuntaskan pekerjaan. Berusaha menjadi orang yang aktif agar bisa memberikan solusi, membantu memecahkan masalah dalam perusahaan, membuat keputusan, serta mampu membangun tim kerja yang kreatif.

(aln/aln)




Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com